Umumkan Pemenang Lomba Inovasi Daerah 2023

PENYERAHAN HADIAH : Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum – Dr Yansen TP, M.Si menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Inovasi Daerah 2023 di Pendopo Rumah Jabatan, Selasa (24/10) malam.

TANJUNG SELOR – Pemenang Lomba Inovasi Daerah 2023 resmi diumumkan. Penyerahan hadiah lomba besutan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Provinsi Kaltara ini digelar di Pendopo Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (24/10) malam.

Lomba Inovasi Daerah 2023 menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Utara ke 11. Yang diikuti oleh berbagai peserta dari perangkat daerah, UMKM, dan masyarakat umum yang terbagi dalam 5 kategori.

Ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovasi baru yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan daerah di Kaltara.

Gubernur Kaltara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., MHum memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pemenang Lomba Inovasi Daerah 2023. Menurutnya, inovasi merupakan kunci bagi Kaltara untuk dapat bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

“Gubernur berharap inovasi-inovasi yang telah diciptakan oleh para peserta lomba ini dapat menginspirasi dan memotivasi pihak lain untuk terus berinovasi. Dengan begitu, kita dapat bersama-sama membangun Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” ujar Gubernur.

Pemprov akan terus mendukung pengembangan inovasi di Kaltara. Hal ini dilakukan melalui berbagai program dan kebijakan, seperti penyediaan anggaran untuk penelitian dan pengembangan, serta pemberian penghargaan bagi para inovator.

Adapun para pemenang Lomba Inovasi Daerah 2023 meliputi, pada Kategori Tata Kelola Pemerintahan Juara I diperoleh Fajar Dwi Maulana Eftiah, S.I.K dengan inovasi “SAMUDRA DKP” atau Sistem Manajemen Komunikasi Data dan Informasi Dinas Kelautan dan Perikanan. Kemudian Juara II diperoleh Fazli Hilmy Pradana, S.Tr.IP dengan inovasi “ADMINSMART” atau Aplikasi Manajemen Administrasi Perkantoran Elektronik. Lalu, Juara III diperoleh Khairullah, S.Ip dengan inovasi “ELOBSTER” atau Elektronik Log Book Pasar Tradisional Perikanan Dalam Pengendalian Inflasi Daerah.

Selanjutnya pada Kategori Perangkat Daerah, Juara I diperoleh UPTD Bapenda Wilayah Malinau dengan inovasi “SATE PADAT” atau Samsat Goes To RT, PAD Meningkat. Kemudian, Juara II diperoleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara dengan inovasi “D’BES LAH” atau Dukcapil Berjalan Kesekolah. Kemudian Juara III diperoleh Cabang Dinas Pendidikan Malinau dan Tanah Tidung Kaltara dengan inovasi “SIKANGURU” atau Sistem Informasi Kepegawaian Guru.

Pada Kategori UMKM Unggulan Kaltara Juara I diperoleh Hariandy dengan inovasi “PANAHKU” Atau Pengelolaan Bandeng Tanpa Limbah. Lalu Juara II diperoleh Suriyana dengan inovasi “Kue Haw Rasa Rumput Laut”. Selanjutnya, Juara III diperoleh Ririn Ariyanti dengan inovasi Gingercookies

Selanjutnya pada Kategori Ide/Inisiatif Juara I diperoleh Burhanuddin Noviansyhanor dengan inovasi “SIKAYAN” atau Sistem Integritas Karyawan. Kemudian Juara II diperoleh Melati Putri Sulistiani, S.STP dengan inovasi “POSTER” atau Posyandu Pinter. Selanjutnya, Juara III diperoleh Dr. Catur Hendratmo, STP.,MM dengan inovasi “SI UPIK”.

Dan Kategori Pelayanan Publik, Juara I diperoleh dr. Veronika Ratih Mulyono dengan inovasi “Cari Pasien Kumpul Dahak, Dapat Emas” (Cap Kuda Mas). Lalu, Juara II diperoleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltara dengan inovasi “Sistem Online Single Submission” (OSS). Selanjutnya, Juara III diperoleh Dinas Sosial (Dinsos) Kaltara dengan inovasi “KARTU KALTARA SEJAHTERA” (KKS). (dkisp)