24 C
Tarakan
Senin, April 12, 2021

ETV Gandeng Instansi dan Komunitas Bersihkan Sampah di Gunung Selatan

TARAKAN, kaltaraone.com – Equator TV (ETV) bersama sejumlah instansi dan penggiat alam melakukan kerja bakti di sepanjang kawasan hutan lindung Gunung Selatan, Sabtu (6/3/2021). Hal itu guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, terlebih kawasan hutan lindung yang belakangan sering digunakan tempat membuang sampah.

Bersih-bersih kawasan hutan lindung dengan teman “Dari Kami Untuk Lingkungan” itu didukung IJTI Kaltara, PWI Tarakan, SMSI Tarakan, BPK Kaltara, PT MEDCO Energi Tarakan, Bulog Tarakan dan KPH Tarakan”.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 200 lebih peserta yang berasal dari Lantamal XIII / Bataliyon Infanteri Raider 613 Tarakan / Kodim 0907 Tarakan, Polres Tarakan, DLH Tarakan, IMPA UBT, MAPA POLITANI Samarinda dan anggota Pramuka dari Gudep Aswawarman dan Gudep H Djuanda.

Sementara itu berbagai komunitas maupun organisasi pemuda yang juga berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya Ikatan Alumni POLIAGRO Samarinda, IKA POLIAGARO Samarinda, Rimbawan Kaltara, PMI Tarakan, Tarakan Tempo Dulu, Mapala STIMIK PPKIA, STEKPALA STM, 3C Tarakan, Buscraft Tarakan, Karang taruna Kelurahan Kampung Empat, Masyarakat Peduli Api, Oi dan Komunitas Bebas Sampah.

Ketua Panitia Pelaksana Ronny Meranda mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk mengkampanyekan aksi peduli kawasan hutan lindung agar seluruh masyarakat sadar arti pentingnya kawasan hutan bagi manusia.

“Kami merasa bahwa untuk memberikan kesadaran lewat berbagai pemberitaan di media saja tidak cukup. Karena itu melalui aksi ini kami harapkan semua masyarakat mau merubah perilaku untuk mau menjaga kawasan hutan lindung ini dengan tidak membuang sampah dikawasan ini,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Equator TV itu mengaku, selama ini pihaknya bersama rekan-rekan media lainnya, baik media televisi, cetak, online dan radio gencar melakukan pemberitaan terkait kondisi kawasan hutan lindung di Gunung Selatan yang sampahnya semakin menumpuk dan tersebar dikawasan ini.

“Namun ternyata lewat pemberitaan saja tidak cukup sepertinya, karena itu saya dan rekan-rekan media lainnya yang tergabung dalam Organisasi PWI, IJTI dan SMSI mencoba untuk membuat aksi nyata dengan harapan masyarakat mau sadar, terutama oknum-oknum masyarakat yang gemar membuang sampah di kawasan ini tanpa memikirkan dampaknya,” tegasnya.

Ronny menambahkan, jika pihaknya sendiri tidak membayangkan jika antusias masyarakat termasuk kaum muda sangat tinggi.

“Bahkan saya kaget tadi Lurah Karang Kampung Satu juga ikut turut andil bersama keluarganya. Juga ada beberapa penggiat alam dan komunitas lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Wakapolsek Tarakan Timur, Iptu Bahyudin Mappama memberikan apresiasi atas upaya Equator TV untuk mengajak serta seluruh masyarakat untuk terlibat di kegiatan ini.

Ia berharap agar aksi sosial peduli lingkungan ini bisa lebih sering digelar mengingat masih banyak kondisi lingkungan yang perlu mendapat perhatian dari masyarakat.

“Intinya saya berharap jika kegiatan ini lebih sering dilakukan agar bisa merangsang masyarakat lainnya untuk ikut serta berpartisipasi. Jika tidak bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini setidaknya bisa berpartisipasi dengan menjaga lingkungannya masing-masing dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat,” harapnya. (*/kp/ko1)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,793FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles