Gubernur Sambangi Siswa Asal Indonesia di Tawau

SILATURAHMI : Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum menjumpai siswa-siswi asal Indonesia di Tawau, Malaysia.

TAWAU, SABAH – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum bersama rombongan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Negara bagian Sabah, Malaysia, Senin (20/11).

Dalam Kunker tersebut Gubernur menyambangi Kota Tawau dan Kota Kinabalu. Gubernur Zainal tiba pertama kali ke Kota Tawau dan langsung menjumpai siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) asal Indonesia yang berada di Tawau.

Didampingi Kepala Konsulat RI Tawau, Heni Hamidah, Gubernur Zainal menyapa langsung ratusan siswa-siswi di CLC Holy Trinity Hall, Tawau.

“Sebenarnya sudah lama saya ingin ke Tawau, dan saat ini saya bangga melihat anak-anak masih punya semangat untuk mau sekolah dan itu adalah poin utama,” buka Gubernur dalam sambutannya.

Terdapat sembilan tenaga pengajar yang bertugas untuk mendidik anak-anak sekolah yang mana orang tua mereka merupakan tenaga kerja asal Indonesia yang sedang bekerja di Sabah.

Untuk itu, Gubernur memberi apresiasi kepada guru-guru yang telah mengabdikan diri mengajar anak-anak tersebut.

Saat ini yang menjadi kendala adalah anak-anak sekolah tersebut hanya dapat menempuh ke jenjang SMP dan untuk ke jenjang Sekolah Menengah Atas atau SMA belum tersedia.

Diketahui SMA/SMK dibawah naungan dan dikelola langsung Dinas Pendidikan Pemprov, Gubernur Zainal berencana akan membuat program Pendidikan SMA/SMK yang mana memfasilitasi siswa-siswi di Tawau melalui mekanisme yang berlaku.

“Karena jenjang SMA dibawah naungan Pemprov, maka Pemprov Kaltara bisa langsung menangani terkait solusi siswa-siswi yang ingin melanjutkan ke SMA tentunya melalui prosedur ataupun mekanisme yang ditentukan,” ucapnya.

“Jadi nantinya SMA ini dapat dibangun wilayah perbatasan seperti di Nunukan, Sebatik ataupun di Seimenggaris,” tambahnya.

Turut hadir dalam rombongan Gubernur, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kaltara Dr Bustan SE, M.Si, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Ferdy Manurun Tanduklangi SE, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs Sanusi M.Si, Kepala Dinas Perindagkop UKM Hasriyani SH, MM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Rukhi Syayahdin S.ST.Pi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Heri Rudiyono M.Si, Kepala DPMPTSP Ferry Ferdinand Bohoh ST, MT, Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Taufik Hidayat S.TP, M.Si, dan Plt Kepala Dinas Perhubungan Andi Nasuha, ST, MM,. (dkisp)