Festival Literasi Hadirkan Farel Prayoga dan Doorprize

GERAKAN MEMBACA : Bunda Literasi Kaltara, Hj Rahmawati Zainal, SH., bersama pelajar menggelar Gerakan Membaca Buku di Perpustakaan.

TANJUNG SELOR – Salah satu kegiatan terpenting dalam Festival Literasi Kaltara 2023 bertajuk Literasi dalam Aksi untuk Masyarakat Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera. Berupa gerakan aksi 15 menit membaca bersama Bunda Literasi Kaltara Hj Rahmawati dengan perwakilan pelajar SMA/SMK/MAN di Lapangan Aghatis, Selasa (7/10) mendatang.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltara Yosua Batara mengatakan Festival Literasi diselenggarakan dalam rangka Hari Gerakan Nasional Membaca, 12 November dan memeriahkan HUT ke-11 Provinsi Kaltara. Gerakan ini untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat terutama pelajar. Membaca merupakan kegiatan melihat, mengambil informasi, dan belajar dari bacaan dengan maksud tertentu.

“Dengan membaca, kita bisa mendapatkan wawasan yang luas termasuk informasi dari seluruh dunia yang awalnya kita tidak tahu. Dengan membaca pula kita dapat memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik lagi. Membaca menjadikan seseorang, khususnya generasi muda seperti pelajar menjadi individu yang kreatif, inovatif, pandai dan cinta serta bangga terhadap budaya membaca,” ujar Yosua, Kamis (2/10).

Yosua mengatakan festival literasi yang bakal digelar sehari, bakal dilaksanakan di dua tempat. Yaitu di lapangan Agatis dan di Gedung Layanan Perpustkaan Kaltara di Jl Rajawali Tanjung Selor.

Untuk di lapangan Agatis Tanjung Selor, selain digelar gerakan membaca serentak selama 15 menit. Kemudian lomba bertutur tingkat provinsi, pameran literasi dan panggung hiburan literaksi pada malam harinya.

Kemudian di Gedung Perpustakaan, digelar lomba vlog, pelatihan read aload, serta english funday.

“Selain aspek edukasi yang terpenting. Dalam festival literasi juga akan memberikan hiburan kepada masyarakat dengan menghadirkan artis ibukota Farel Prayoga dan doorprize,” ujarnya.(dkisp)