Mengapa Perancis Terbakar Hanya Karena Seorang Remaja Mati Tertembak Polisi ?

KALTARAONE.COM – Entah dengan anda, tapi saya sempat merasa heran, bagaimana bisa seorang remaja 17 tahun warga Perancis asal Aljazair yang mati oleh tembakan polisi, dapat memicu kerusuhan sedahsyat itu, ternyata!

Merujuk informasi dari berbagai sumber, saya mendapati ternyata latar belakang terjadinya kerusuhan saat ini tidak sesimpel remaja bernama Nahel M itu merenggang nyawa di tangan polisi Perancis.

Nahel sendiri sebagai sosok yang populer di lingkungannya adalah satu hal. Hal lain yang tak kalah signifikannya dalam memicu kerusuhan yang telah memasuki hari kelima itu adalah rangkaian kebohongan polisi yang dimuntahkan dalam rangka melepas tanggung jawab dipundak personilnya atas pembunuhan terhadap remaja pengemudi itu.

Mari kita mengenal profil sang korban..!!

Satu-satunya anak yang dibesarkan oleh ibunya, Nahel M berasal dari Aljazair dan telah bekerja sebagai supir pengiriman makanan dan juga merupakan penggemar rugby, menurut laporan.

Nahel belajar di sebuah perguruan tinggi di Suresnes di pinggiran barat Paris dan dilatih untuk menjadi insinyur listrik, kata keluarga dan teman-temannya. Dia dikatakan populer di lingkungannya di Nanterre dimana dia tinggal bersama ibunya Mounia.

“Apa yg akan saya lakukan sekarang?” ratap ibunya setelah mendapat kabar itu. “Saya mengabdikan segalanya untuknya, saya hanya punya satu, saya belum punya 10 (anak). Dia adalah hidup saya, sahabat saya,” tangis sang ibu.

Neneknya menyebut dia sebagai “anak yg baik hati”. Selama tiga tahun terakhir, dia bermain untuk klub rugby Pirates of Nanterre dan menjadi bagian dari program integrasi yang diselenggarakan oleh Ovale Citoyen, organisasi yang membantu para remaja yang kesulitan mendapatkan magang.

“Dia adalah seseorang yang memiliki keinginan untuk menyesuaikan diri secara sosial dan profesional, bukan anak kecil yang berurusan dengan narkoba atau mendapat kesenangan dari kejahatan remaja,” kata presiden Ovale Citoyen Jeff Puech kepada Le Parisien.

Nahel adalah warga negara yang memiliki latar belakang yang bersih dan tidak pernah dituntut atas tindakan kriminal apa pun, sebagaimana yang ditegaskan oleh keluarganya.

Lalu bagaimana pembunuhan itu terjadi?

Banyak di antara massa yang marah meyakini bahwa pembunuhan terhadap Nahel M sangatlah busuk. Peristiwa yang terjadi di Paris Nanterre pada hari Selasa (27/6/2023) pagi itu direkam dalam video oleh orang yang lewat dan dibagikan secara online.

Namun tidak sesuai dengan apa yang tersuguhkan dalam rekaman, Polisi Prancis memberikan penjelasan yang menyesatkan tentang insiden tersebut. Polisi mengkonstruksi cerita mereka sendiri yang dibuat-buat, mulai dari kronologi kejadian hingga soal catatan pelanggaran hukum sang korban.

Polisi Prancis mengklaim bahwa bocah lelaki yang terbunuh itu melakukan pelanggaran lalu lintas, membahayakan pejalan kaki, mengemudi tanpa SIM, tidak mematuhi perintah polisi, dan bahwa dua petugas berusaha meredakan situasi.

Mereka juga mengklaim bahwa petugas menembak remaja tersebut karena nyawa mereka dalam bahaya saat dia mencoba untuk menabrak mereka. Mereka bahkan mengklaim bahwa dia “dikenal polisi” karena dugaan 15 pelanggaran.

Bukti, bagaimanapun, menunjukkan Nahel adalah seorang pemuda yang tidak bersalah tanpa catatan kriminal, dan video yang direkam oleh seorang saksi mata juga membuktikan bahwa klaim yang dibuat oleh polisi tidak benar.

Pria berusia 17 tahun itu tidak memiliki SIM penuh dan mengendarai mobil sewaan yang diambil sepenuhnya secara legal melalui aplikasi dan ditemani oleh dua temannya, yang dapat berarti mengemudi di bawah pengawasan hukum Prancis.

Menurut laporan, dia berlatih mengemudi dengan tujuan mendapatkan SIM, yang diperlukan untuk terus bekerja di bisnis pengiriman yang dia dan ibunya andalkan secara finansial.

Terbuktikah Nahel melakukan pelanggaran?

Meskipun polisi Prancis menggunakan kamera dalam mobil dan tubuh, mereka tidak memberikan bukti bahwa remaja tersebut melanggar peraturan lalu lintas dan membahayakan pejalan kaki sebelum berhenti.

Video tersebut dengan jelas menunjukkan bahwa dia secara sukarela menghentikan kendaraan dan tidak berniat melarikan diri. Tetapi masalah muncul setelah dua polisi menodongkan pistol ke kepalanya dari jarak dekat, dengan teriakan terekam, “Kamu akan ditembak!”.

Situasi ini dilaporkan menempatkannya di bawah tekanan psikologis yang sangat besar, karena untuk keluar dari kendaraan ia harus melakukan tindakan manual pada kotak persneling dan rem tangan, yang dalam keadaan tertentu dapat dengan mudah diartikan sebagai meraih senjata.

Remaja itu secara naluriah menginjak gas dengan panik, dan segera seorang polisi melepaskan tembakan ke arahnya. Bukan ke ban mobil dengan tujuan menghentikan kendaraan, tapi langsung ke arahnya dengan tujuan membunuh.

Kendaraan terus melaju beberapa meter lagi dan bertabrakan dengan sebuah tiang, terdengar suara klakson yang disebabkan oleh kepalanya yang membentur klakson. Dia diberi bantuan medis darurat tetapi meninggal beberapa menit kemudian.

Ibu anak laki-laki yang terbunuh, Mounia menyerukan protes terhadap pembunuhannya yang mengerikan, dengan mengatakan bahwa “seorang petugas polisi melihat wajah imigran, seorang anak kecil, dan ingin mengambil nyawanya”.

Pembunuhan di siang bolong, bersama dengan versi polisi yang menyimpang dari peristiwa tersebut, memicu protes besar-besaran dan spontan dari kaum muda di seluruh Prancis dan sekitarnya.

Protes atas pembunuhan anak laki-laki itu juga diadakan di negara tetangga Belgia, serta di Guyana Prancis yang jauh di Amerika Selatan dan Reunion di Samudera Hindia.

Protes saat ini, menurut sejumlah ahli, merupakan tanggapan terhadap rasisme jangka panjang dan mengakar dalam masyarakat Prancis, tetapi juga hasil dari ketidakpuasan sosial yang meluas yang telah menghasilkan jutaan protes kuat awal tahun ini.

Namun, otoritas Prancis tidak setuju dengan versi ini. Presiden Emmanuel Macron mengaitkannya dengar video game. Selebriti Prancis pun tidak terlalu vokal dalam menyuarakan dukungannya terhadap hak-hak anak muda Prancis, sebagian besar dari mereka memilih diam.

 

Namun, pemimpin partai Hijau Prancis, Marine Tondelier, menyebut pembunuhan Nahel sebagai “eksekusi”.

“Apa yg saya lihat di video ini adalah eksekusi oleh polisi terhadap seorang anak berusia 17 tahun, di Prancis, pada 2023, di siang bolong,” katanya.

Tetangga Nahel memberikan penghormatan kepadanya sambil mengecam perlakuan tidak manusiawi yang dilakukan terhadap ras minoritas di Prancis. “Nahel adalah anak yang pendiam,” kata Saliha, 65 tahun, seorang warga di lingkungannya.

PBB dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu mengatakan Prancis harus menangani masalah diskriminasi rasial yang mendalam di kepolisiannya. Ariane Bogain, dosen senior politik Prancis di Universitas Northumbria, mendesak otoritas Prancis untuk mengatasi akar penyebab pembunuhan Nahel – rasisme struktural di negara tersebut.

Sumber : Twitter Novendra Deje @Vendra_Deje