Uji Sampel Takjil, Kepala BPOM di Tarakan Himbau Pelaku Usaha Produksi Sesuai Standar

0
BPOM di Tarakan, Foto : Kaltaraone.com

KALTARAONE.COM, TARAKAN –  Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Tarakan melaksanakan pengujian produk takjil, makanan dan minuman berbuka puasa di Pasar Ramadan Markoni, Kamis (07/04/22).

Kepala Balai POM di Tarakan Herianto Baan, S.Si., Apt menyampaikan telah diambil 22 sampel takjil, hasilnya semua sampel dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh Masyarakat karena tidak mengandung bahan berbahaya.

“Kegiatan ini untuk memastikan produk takjil yang dijajakan oleh pelaku usaha aman dikonsumsi oleh masyarakat”, tuturnya.

Pengambilan Sample Takjil, Foto : Kaltaraone.com

Uji sample takjil dilakukan di Labolatorium Mobil Keliling BPOM dengan menggunakan rapid test pengujian kimia boraks, formalin, rhodamin b dan metanil yellow. Pengujian produk akan dilakukan dibeberapa titik bahkan akan dilakukan diluar Kota Tarakan.

“Pesan saya untuk pelaku usaha diharapkan mengedarkan produk pangan olahan yang baik, misalnya tidak menambahkan produk pangan yang dilarang dan pastikan cara produksinya mengikuti standar serta penyajianya harus baik”, pungkasnya. (ddi)