Puluhan Lapak Pedagang Ramaikan Kampung Ramadan, Tawarkan Aneka Takjil Menggoda Selera

0
Kampung Ramadan di Kelurahan Kampung Empat, Foto : Kaltaraone.com

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Kelurahan Kampung Empat menggelar Kampung Ramadan 1443 Hijriah yang dikelola oleh LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), lokasi kegiatan berada di Jalan Sungai Berantas RT. 5 samping Sekolah Dasar Negeri 006.

Kampung Ramadan terdapat 33 lapak pedagang yang menawarkan beragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa yang sangat menggoda selera.

Lurah Kampung Empat Nany Fitriati menyampaikan tahun ini kita ingin mengurangi kemacetan yang ada di Kampung Empat pada saat bulan Ramadan, karena banyaknya pedagang musiman yang menjual takjil untuk berbuka puasa di pinggir jalan raya.

“Saya berharap tahun yang akan datang pedagang musiman yang lain bisa ikut mengisi lapak di Kampung Ramadan agar ketertiban dan keamanan di Kampung Empat bisa terjaga lebih baik, serta kemacetan bisa dikurangi saat bulan Ramadan”, ujar Bu Lurah kepada Kaltaraone.com, Kamis (07/04/22).

Kampung Ramadan dapat meningkatkan ekonomi warga kampung empat, sekaligus menjadi wisata kuliner yang menarik untuk di kunjungi pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

“Kegiatan Kampung Ramadan dapat belangsung karena didukung oleh berbagai pihak seperti Pertamina, Honda, Telkom, Bank Kaltimtara dan AYS”, tutup Bu Lurah.

Kampung Ramadan di Kelurahan Kampung Empat, Foto : Kaltaraone.com

Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Kelurahan Kampung Empat Bapak Bismark Sanusi menyampaikan Kampung Ramadan bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan di Kelurahan Kampung Empang saat bulan Ramadan karena banyaknya pedagang musiman yang tersebar di pinggir jalan.

“Makanan yang dijual lebih higienis karena makanan tertutup dan lokasi menggunakan tenda sehingga makanan tidak terkena debu dan seluruh pedagang berasal dari warga Kampung Empat serta setiap pedagang hanya dikenakan tarif Rp10.000 per hari bagi pelapak yang posisinya di bawah dan Rp15.000 per hari bagi pelapak yang posisi diatas. Penarikan tarif ini untuk biaya petugas kebersihan, ketertiban, parkir dan pemasangan tenda”, ujar Bismark Sanusi kepada Kaltaraone.com melalui sambungan telepon.

Kampung RamadanĀ  diselengarakan mulai tanggal 02 April hingga 02 Mei 2022 dan dibuka setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WITA serta dapat menjadi pilihan untuk mencari berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa. (ddi)