LPTQ Kaltara Akan Siapkan Bibit Unggul

0

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kalimantan Utara akan menyiapkan bibit unggul untuk mengikuti ajang kompetisi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXIX tingkat Nasional Tahun 2022 yang akan digelar di Kalimantan Selatan pada Oktober mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua LPTQ Kaltara, Datu Iqra Ramadhan saat mengeglar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Kaltara di Ruang Rapat Lt.1 Kantor Gubernur, Rabu (30/3/2022) malam. Datu Iqra mengungkapkan, Rakerda LPTQ ini menjadi momentum yang baik untuk syiar islam.

“Saya berharap semoga melalui Rakerda ini dapat menggagas program kerja yang aplikatif yang diimplementasikan sebagai aksi nyata yang bermanfaat dan dapat diambil keputusan yang bernilai strategis bagi peran dan fungsi LPTQ Kalimantan Utara,” katanya.

Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Provinsi Kalimantan Utara, H. Selamet Riady, S.STP.,M.Si pada kesempatan ini juga membahas program kerja LPTQ Provinsi Kalimantan Utara meliputi mekanisme dasar pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tahun 2022.

Selanjutnya, mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, H. Muhammad Saleh, S.Ag. M.Pd selaku Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara juga menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan lembaga terkait program kerja LPTQ.

“Perlu menjadi perhatian kita semua, lembaga LPTQ Kaltara sudah sepatutnya kita memikirkan kesejahteraan pelatihan, pembinaan, peningkatan SDM dan juga pemetaan wilayah potensi Qori dan Qoriah masing-masing daerah. Dan juga pemetaan wilayah sangat perlu dilakukan guna memudahkan kita menggelar seleksi mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan. Dengan tujuan mencari bibit-bibit yang berpotensi dalam rangka persiapan MTQ yang ke-VII Provinsi Kalimantan Utara dan sekaligus MTQ XXIX tingkat Nasional di Kalimantan Selatan,” tutupnya.(dksip)