Komandan Yonmarhanlan XIII Tarakan: Marinir Sangat Diharapkan Masyarakat

HUT KORPS MARINIR KE-75. Komandan Yonmarhanlan XIII Tarakan, Letkol Marinir Parison Renaldo Siregar (tengah) bersama prajurit marinir usai upacara peringatan HUT Korps Marinir ke -75, Senin (16/1).(Dok. Yonmarhanlan XIII Tarakan)

TARAKAN, kaltaraone.com – Ada beberapa pesan yang disampaikan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono pada perayaan HUT Korps Marinir ke-75. Hal itu disampaikan pada upacara secara virtual di Markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIII Tarakan.

Komandan Yonmarhanlan XIII Tarakan, Letkol Marinir Parison Renaldo Siregar menegaskan, pesan yang disampaikan Kepala Staf TNI AL diantaranya, personil Marinir harus terus inovatif, adaptif dan kompetitif. Hal ini wajib dilakukan mengingat perkembangan zaman yang ada. Sehingga dalam situasi apapun hingga dalam pelaksanaan tugas, prajurit Marinir selalu siap.

“Karena tantangan kedepan sangatlah banyak. Sehingga apapun yang dilaksanakan Marinir akan siap agar profesionalitas dan militansi marinir akan tetap terjaga,” tegasnya, Senin (16/11).

Khusus di Kaltara, kehadiran Yonmarhanlan XIII Tarakan tetap menjaga kondusifitas dan kenyamanan bagi masyarakat. Selain itu pihaknya terus bersinergi dengan satuan TNI serta Polri.

“Harapannya Marinir semakin baik, dicintai rakyat dan profesional. Seperti diketahui, Marinir sangat diharapkan bagi masyarakat,” pesannya.

Hingga kini yang menjadi fokus, lanjut Parison, pihaknya turut berpartisipasi dalam pengamanan dan pengawasan Pilkada serentak maupun Pilgub Kaltara. Yonmarhanlan XIII Tarakan yang juga tergabung dalam satgas pencegahan dan penanganan Covid-19, akan bersiap mengawasi perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang.

Soal sarana dan prasarana satuan Yonmarhanlan XIII Tarakan, ia mengaku masih ada kekurangan. Termasuk, sarana latihan prajurit. Namun untuk mengantipasi kekurangan sarana, pihaknya juga tetap mencari solusi terbaik untuk memanfaatkan barang yang digunakan sebagai latihan.

“Namun itu tidak menyurutkan hati kami. Karena pada prinsipinya kita dicetak (dididik) siap kapan saja melaksanakan tugas. Kami berharap kedepan akan kami tingkatkan lagi,” harapnya.

“Kita disini sudah 3 tahun. Pas juga 10 November kita berulang tahun bertepatan dengan Hari Pahlawan. Disini kami juga merasakan hubungan kita dengan masyarakat terjalin dengan baik,” pungkasnya.(ko1)