Pekan Depan, Jaringan Kabel Bawah Laut Mulai Difungsikan

0
10
PENYAMBUNGAN KABEL. Petugas Telkom menyambung jaringan kabel bawah laut di kapal Nusantara Explorer 13 Oktober lalu.(IST)

TARAKAN, kaltaraone.com – Penyambungan jaringan kabel bawah laut yang putus pada September lalu sudah mulai dikerjakan. Rencananya, pekan depan masa peralihan rute dari kabel darat ke laut turut dilakukan. Diketahui saat ini jaringan internet yang ada di Tarakan masih menggunakan kabel darat.

“Tapi peralihan kabel darat ke laut masih membutuhkan waktu. Karena masih ada transisi dan memastikan penyambungan bagus,” tegas General Manager PT Telkom Wilayah Kaltara, Kasirun, Rabu (21/10/2020).

Peralihan rute biasa memakan waktu selama dua hari. Bahkan masa peralihan sudah memperhatikan modul sesuai standar operasional. “Tidak seperti pengalihan gangguan (dari laut ke darat) kemarin. Kalau pengalihan dengan planing yang baik tidak sampai 2×24 jam,” ungkapnya.

Kasirun menambahkan, rute jaringan kabel darat yang akan dialihkan ke laut, mencangkup jaringan di Samarinda, Banjarmasin hingga Sulawesi Utara. “Biasa peralihan kita lakukan dari jam 12.00 malam sampai jam 04.00 Wita,” bebernya.(ko1)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here