Gantikan Ahok, Simon Aloysius Mantiri Jadi Komisaris Utama Pertamina

JAKARTA – Simon Aloysius Mantiri telah ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Penunjukan resmi Simon digelar dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina yang dilaksanakan hari ini, Senin, 10 Juni 2024.

“Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Bapak Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina,” tulis keterangan resmi manajemen, dikutip Senin (10/6/24)

Berdasarkan hasil RUPS Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina, berikut susunan Dewan Komisaris Pertamina :

1.⁠ ⁠Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri

2.⁠ ⁠Komisaris Independen : Condro Kirono

3.⁠ ⁠Komisaris : Heru Pambudi

4.⁠ ⁠Komisaris : Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)

5.⁠ ⁠Komisaris Independen : Alexander Lay

6.⁠ ⁠Komisaris Independen : Ahmad Fikri Assegaf

7.⁠ ⁠Komisaris Independen : Iggi H. Achsien

Profil Simon Aloysius Mantiri

Berdasarkan hasil penelusuran, pria asal Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara ini merupakan Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Simon juga masuk dalam jajaran pengurus Partai Gerindra Periode 2020-2025. Di mana, dirinya merupakan salah satu anggota Dewan Pembina dari total 48 anggota.

Bahkan, saat masa kampanye Pemilu 2024, dia bersama sang istri Priscilia Waworuntu ditugaskan secara langsung turun ke Sulawesi Utara.

Menariknya, mereka berdua menjadi penggagas dibalik sejumlah gerakan unik kampanye Prabowo-Gibran seperti senam Gemoy yang diberlangsung di beberapa daerah.

Adapun jika menilik dalam laman LinkedIn, karier professional Simon adalah Personal Assistant to The CEO PT Nusantara Energy.

Diketahui, perusahaan ini bergerak di bidang Pertambangan sebagai penyedia jasa khususnya di bidang konstruksi yang memiliki jangkauan yang luas dalam ruang lingkup nasional. (*)