Taufik Bilfaqih Tokoh Muda Muslim Yang Dirindukan Jadi Wawali

Taufik Bilfaqih. Foto Istimewa

MANADO – Perhelatan Pilkada 2024 di Kota Manado menjadi momentum bagi umat Islam untuk mengutus kader terbaiknya maju sebagai wali kota atau wakil walikota. Hal ini menjadi pembicaraan hangat dikalangan muslim menjelang kontestasi pemilihan kepala daerah digelar.

Pasca Abdi Buchari (2005) yang pernah menjabat sebagai wakil walikota Manado, bahkan pernah menjadi plt. Walikota, hingga saat ini, belum ada tokoh muslim yang menggantikan. Tak heran, kerinduan umat Islam semakin menemukan momentumnya untuk direalisasikan.

Nama Taufik Bilfaqih menjadi hangat diperbincangkan. Anak muda yang tercatat pernah menjadi komisioner Bawaslu Manado ini dinilai pantas menjadi perwakilan untuk menjabat. Ia juga dinilai piawai dalam menjalankan roda organisasi pemerintahan, apalagi karena sarat pengalaman.

Bilfaqih merupakan tokoh muslim Sulawesi Utara yang mampu menjalin hubungan baik dengan semua kalangan. Pernah menjadi dosen IAIN Manado, koordinator Gusdurian Manado, aktivis Gerakan Cinta Damai Sulut, Ketua Yayasan Alhikam Cinta Indonesia serta aktif sebagai keluarga besar Laskar Manguni Indonesia.

Sederet pengalaman dan jabatan yang dilakoninya, menjadi modal bagi Taufik untuk dipercayakan pimpin Manado. Apalagi, sebagai sekretaris DPD PSI Manado, tentu ia menjadi figur politisi yang dapat bekerja dengan baik untuk semua kalangan.

Kepemimpinan Muslim di Manado sendiri bukan soal politik SARA. Melaikan bentuk dari gerakan politik representatif, dimana semua kalangan mendapatkan hak yang sama sebagai perwakilan golongan tertentu untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

“Setuju atau tidak, semua kelompok menginginkan agar perwakilannya bisa menjadi walikota atau wakil. Tak ada salahnya pada pilkada 2024, Muslim Manado tertuju kepada sosok Taufik Bilfaqih” ujar Rusli Umar, politisi Nasdem yang saat ini dipercayakan sebagai LO untuk pencalonan Bilfaqih.

Hingga saat ini, beberapa partai telah memberikan sinyal dukungan kepada Taufik diantaranya PSI, Nasdem dan PKS.

“Beberapa saat lagi, Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN akan Kita kunjungi untuk silaturahim politik dukungan ke Taufik Bilfaqih” tambah Rusli.

Menurut Rusli, Bilfaqih saat ini sedang digadang untuk bersanding Jilly Philips Makarawung (JPM).

“Dari semua kandidat, JPM ini dinilai lebih siap dan merindukan didampingi oleh tokoh muslim. Ia punya pandangan politik kebangsaan yang sama dengan Bilfaqih. Maka perjodohan ini bakal menjadi impian warga Manado” tutup Rusli Umar. (RD)