Dahsyat, Kapal Selam Titan Hancur Berkeping-keping

KALTARAONE.COM – U.S Coast Guard atau Penjaga Pantai Amerika Serikat pada Rabu, 28 Juni 2023 mengumumkan bahwa tim penyelamat telah berhasil mengangkat puing yang di duga Kapal Selam Titan, dari dasar laut dekat dengan bangkai kapal Titanic.

Puing-puing kapal selam Titan, yang meledak di bawah tekanan laut Atlantik Utara di kedalaman lebih dari dua mil saat menyelam pada 18 Juni 2023 lalu, telah dibawa ke permukaan laut dan sampai di St John’s, Kanada pada Rabu (28/6).

Para petugas mengatakan bahwa rangka bagian pendaratan kapal selam dan penutup bagian belakang telah ditemukan di antara reruntuhan.

Bukan hanya berhasil menemukan dan mengangkat puing kapal Selam Titan, tim penyelamat pun diduga berhasil mengangkat objek yang diyakini sebagai sisa potongan jasad manusia.

Temuan diduga puing-puing kapal selam Titan dan potongan jasad penumpangnya ini selanjutnya akan ditangani oleh tim ahli dari Amerika Serikat.

Ahli-ahli kesehatan AS akan mengkaji secara formal spesimen yang diduga merupakan sisa-sisa tubuh manusia, kata Penjaga Pantai AS dalam keterangan resmi.

Lembaga itu sedang dalam tahap-tahap awal investigasi dalam menyelidiki penyebab kecelakaan itu. Dewan Investigasi Kelautan Penjaga Pantai AS (MBI) akan memindahkan bukti-bukti ke pelabuhan AS untuk melakukan analisa dan pengujian lebih lanjut.

Ketua MBI, Kapten Jason Neubauer, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “masih ada banyak hal yang perlu dikerjakan agar dapat memahami faktor-faktor yang menyebabkan bencana hilangnya Titan dan membantu agar dapat memastikan tragedi serupa tidak terjadi lagi.”

“Saya bersyukur atas koordinasi internasional dan antarlembaga yang mendukung dalam menemukan dan mengamankan bukti penting ini dengan jarak antarpantai yang jauh dan kedalaman yang ekstrim,” kata Kapten Neubauer. (*)