Hingga Tahun Ketiga Menjabat, Iwan Setiawan Berhasil Setor Dividen 19 Miliar

Penyerahan Dividen secara simbolis kepada Pemkot Tarakan. Foto: Setda Tarakan.

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Tahun 2022 Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Alam Tarakan, berhasil membukukan laba bersih senilai Rp 11 miliar dan akan menyetor dividen sebesar Rp 6 miliar lebih kepada Walikota sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM).

Penyerahan secara simbolis dilakukan Direktur Perumda Tirta Alam Iwan Setiawan, S.Pd kepada Walikota, dr. H. Khairul M.Kes di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Senin (6/3/23).

Iwan menyebut, pembagian dividen tahun 2022 mengalami penurunan dari tahun 2021. Itu disebabkan, tahun lalu, pihaknya melakukan investasi besar-besaran, membeli genset dan memasang jaringan listrik ke Embung Indulung, membutuhkan anggaran hingga miliaran rupiah.

Ditambah lagi, pemasangan jaringan perpipaan di Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) yang dananya juga bersumber dari keuntungan perusahaan. Semua itu dilakukan karena penugasan dari KPM, guna meningkatkan pelayanan pada konsumen.

“Dividen 55 persen dari laba bersih Rp 11 miliar, senilai 6,5 milar. Kalau tidak investasi, sebenarnya bisa setor dividen Rp 11 miliar. Karena ada penugasan dari pak wali untuk peningkatan pelayanan, kita berbagi sama PU,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan dilakukannya peningkatan pelayanan, akan berdampak juga pada peningkatan pendapatan di tahun berjalan. Semenjak tahun pertama menjabat direktur, hingga tahun ketiga di Perumda Tirta Alam Tarakan, Iwan Setiawan mampu menyetor dividen sebesar ke Rp 19 miliar ke Pemkot Tarakan.

“Insya Allah bisa, kita akan lihat. Terkadang ada penugasan dari Walikota, karena anggaran tidak sebanyak dulu, kita sharing dengan PU,” ujarnya. (R1).