Bawaslu Tarakan Akan Lantik Dua Belas Panwascam

Pimpinan Bawaslu Kota Tarakan, M. Zulfauzi Hasly, SH.,M.Kn bersama dua pimpinan yakni Dian Antarja, S.HI.,M.H dan Jupri, S.H. saat test wawancara calon Panwascam.

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Setelah melewati beberapa tahapan seleksi akhirnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tarakan mengumumkan 12 nama yang akan dilantik sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam), pada Rabu (26/10).

Ketua Bawaslu Kota Tarakan, M. Zulfauzi Hasly, SH.,M.Kn menjelaskan anggota Panwascam tersebut nantinya akan dilantik pada Jumat (28/10), disusul dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama beberapa hari kedepan.

Meski telah dinyatakan lolos dan terpilih, Bawaslu Kota Tarakan sebelumnya melakukan seleksi terakhir pada tahapan wawancara. Dijelaskan Zulfauzi, dalam seleksi wawancara tersebut terdapat 6 orang per kecamatan yang mengikuti seleksi wawancara hingga akhirnya terpilih menjadi 3 anggota Panwascam.

“Kita sudah memilih 12 anggota Panwascam. Nantinya akan mengisi 4 kecamatan di Tarakan, per kecamatan itu 3 orang,” terang Zulfauzi.

Memasuki tahap pelantikan Anggota Panwascam, Bawaslu Kota Tarakan juga mengharuskan anggota Panwascam mengikuti tes bebas narkoba dan keterangan sehat rohani di rumah sakit yang dibuktikan melalui surat.

“Apabila dinyatakan bebas narkoba dan sehat secara kejiwaan, maka akan dilanjutkan tahapan berikutnya yaitu pelantikan dan bimtek pada hari Jumat 28 Oktober 2022 selama 3 hari di Swiss-Belhotel,” tambahnya.

Panwascam akan dilantik oleh pimpinan Bawaslu Kota Tarakan yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Tarakan, M. Zulfauzi Hasly, SH.,M.Kn bersama dua pimpinan yakni Dian Antarja, S.HI.,M.H dan Jupri, S.H.

“Setelah ikuti bimtek, maka Panwascam harus menyiapkan kesekretariatan dan juga akan bersama-sama dengan Bawaslu Kota Tarakan melakukan pengawasan tahapan verifikasi faktual keanggotaan partai politik,” tutup dia. (*)

Kedua belas anggota Panwascam yang akan dilantik :

Kecamatan Tarakan Timur :
1. Borohim Harahap, S.E
2. Jusri Hadirman, S.Pd
3. Sakti Abimayu, S.P

Kecamatan Tarakan Tengah :
1. Ridwan Machmud, S.E
2. Juanda, S.Pd
3. Kristianto Triwibowo, S.Pi

Kecamatan Tarakan Barat :
1. Irfan Arsidi, S.Kom
2. Fransiskus Jefri, S. Ag., M. Pd
3. Muhammad Hersan Afridzal, S.Pi

Kecamatan Tarakan Utara :
1. Risma Febrianti S. E
2. Amilah Sya’banuary S. H
3. Yasin Rustamto, S.Pd