Gubernur : Perpindahan Ibukota Menurunkan Kesenjangan

KALTARAONE.COM, MAKASSAR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal A Paliwang SH M.Hum menghadiri Celebes Strategic Forum dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia (IKAMI) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam Rapimnas yang mengangkat tema “Sulawesi sebagai penunjang strategis IKN Nusantara” Gubernur hadir sebagai narasumber di Kampus 1 BPSDM Makassar pada Kamis (12/5/2022) malam.

“Dengan perpindahan IKN ke Provinsi Kaltim ini merupakan suatu niat Bapak Presiden RI untuk pemerataan pembangunan,” bukanya.

Ia menjelaskan nantinya kegiatan-kegiatan pemerintahan, perekonomian akan berpindah ke wilayah Kalimantan. Karena keberadaannya di tengah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dan akan mendapat efek domino terhadap provinsi sekitarnya sebagai provinsi penyanggah termasuk Kaltara,” ujarnya dihadapan peserta Rapimnas.

Ia menambahkan, di luar pulau Kalimantan seperti pulau Sulawesi salah satunya Provinsi Sulsel pun pasti akan terdampak dan memiliki peran penting kedepannya terhadap perkembangan IKN.

“Ini mendorong penurunan kesenjangan antar wilayah. Mudah-mudahan dengan mulainya perpindahan IKN ini, masalah kesenjangan dapat diatasi,” tuturnya. (dkisp)