ASN Harus Wujudkan Smart Governance

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Sebanyak 733 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar). Latsar dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Dr Yansen TP, M.Si di Lt.1 Aula Serbaguna Gedung Gadis Provinsi Kaltara, Rabu (11/5/2022).

Uniknya latsar tahun ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari kabupaten/kota di Kaltara, tetapi juga dari Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Wagub mengungkapkan, dari laporan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltara, latsar dibagi dalam 20 kelas. Jumlahnya meliputi, 362 orang CPNS dari Pemprov Kaltara. Kemudian Kabupaten Bulungan sebanyak 80 orang, Kota Tarakan 40 orang, Kabupaten Malinau 104, KTT 136 orang dan CPNS Kabupaten Berau sebanyak 111 orang.

Adapun Pelatihan Dasar (Latsar) ini penting untuk terus dilaksanakan guna pembentukan karakter CPNS, yang meliputi pembentukan sikap perilaku bela negara, penanaman nilai dasar PNS, dan memahami kedudukan dan peran PNS untuk mendukung Smart Governance dalam memberikan pelayanan publik.

“Latihan Dasar bagi CPNS ini merupakan upaya mewujudkan aparatur pemerintah yang efektif, efisien, bersih, dan berwibawa dalam melaksanakan seluruh tugas pemerintahan dan pembangunan, serta sadar akan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” jelas Yansen TP.

Dalam sambutannya wagub juga berharap melalui kegiatan latihan dasar CPNS ini dapat menanamkan Core Values ASN berakhlak yang meliputi berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif dan diharapkan dapat mengimplementasikan Employer Branding ASN bangga melayani bangsa.

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan dasar ini dengan baik dan bersungguh- sungguh, sehingga setelah lulus dari pelatihan dapat lebih meningkatkan kinerjanya dengan melahirkan inovasi-inovasi di sektor pelayanan publik guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan terus melakukan improvisasi dan berpikir kritis,” tutupnya. (dkisp)