Gubernur Cek Kesiapan Pos Layanan Lebaran, Ada Antigen Gratis Untuk Pemudik

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang didampingi Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya dan Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Rifki dan Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona hari ini meninjau beberapa pos pelayanan lebaran 2022.

Terpantau, Gubernur Kaltara bersama rombongan datang Pelabuhan Kayan II jalan Sabanar Lama pada pukul 12.00 Wita kemudian lanjut ke Pelabuhan Speedboat Kayan I di Jalan Sudirman pukul 13.30 Wita.

Diketahui peninjauan yang dilakukan Gubernur Kaltara untuk mengecek kesiapan pengamanan menjelang arus balik pasca lebaran 1443 hijriah.

Gubernur menuturkan, untuk kesiapan sarana dan prasarana diyakini sudah cukup memadai. Begitu juga dengan personel yang bertugas.

“Personel selalu siaga di tempat tugas posko pengamanan,” ujar Gubernur, Sabtu (30/4/2022).

Karena itu, setiap kunjungannya orang nomor satu di Bumi Benuanta ini selalu menanyakan terkait jumlah personel yang bertugas.

“Kita mau lihat kekuatan personel yang bertugas di setiap pos. Alhamdulillah, semua tetap stand by (bersiap),” ungkapnya.

Kemudian, personel yang bertugas juga diminta untuk selalu meningkatkan pengawasan pada arus balik. Khususnya terkait tes antigen bagi pemudik.

“Jangan sampai pemudik yang datang ke Kaltara membawa virus Covid-19,” tutupnya.

Apalagi saat ini kasus aktif Covid-19 di Kaltara sudah melandai. Karena itu, personel di lapangan diharapkan selalu bersiaga dan tetap menjaga kesehatannya.

“Jangan sampai sakit mendekati hari H Idulfitri,” ungkapnya.

Selain pintu masuk melalui jalur laut, Pemprov Kaltara bersama TNI dan Polri juga memperketat pintu masuk melalui jalur darat Bulungan-Berau.

“Kemarin, informasinya disana ada yang kecelakaan tapi sudah ditangani tim Posko keamanan disana,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Zainal kecelakaan di dekat posko perbatasan Bulungan Berau, karena pengemudi tidak taat aturan lalu lintas. Untuk itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi diminta untuk berhati-hati dan menaati aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan, kemarin ada dua pos yang ditinjau. Yakni, pos pelayanan lebaran di Pelabuhan Kayan II dan Kayan I. Kemudian, untuk pos di kabupaten kota pemantauan dilakukan melalui visual.

“Semua berjalan dengan lancar. Tidak ada masalah,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seiring meningkatnya mobilisasi orang pada arus mudik maupun balik. Polda Kaltara akan melalukan pemeriksaan tes antigen bagi pemudik.

“Tes antigen ini akan kita lakukan secara sampling,” ucapnya.

Dalam hal ini, Polda Kaltara juga bekerja sama dengan Dinkes Bulungan termasuk penyiapan alat antigen.

“Kita juga menyiapkan gerai vaksin bagi pemudik. Untuk pelayanan tes antigen gratis,” ungkapnya. (dkisp)