Gubernur Ajak Wisudawan Kembangkan Kompentensi

0

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Civitas Akademika Universitas Borneo Tarakan (UBT) kembali menggelar Wisuda ke XXX, Kamis (31/3/2022). Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum juga menyempatkan diri untuk hadir di tengah para wisudawan/wisudawati.

Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan pendidikan merupakan hal penting sebagai sarana untuk mencetak generas penerus bangsa. Karenanya, Gubernur berharap agar para wisudawan jangan cepat berpuas diri.

“Teruslah belajar, dan mencari ilmu agar dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan diri di segala bidang,”jelas Gubernur.

Gubernur meminta agar para wisudawan dapat menjadi pelopor dan penggerak dalam proses pembangunan. “Para wisudawan adalah generasi penerus bangsa. Sebab mereka adalah agen perubahan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,”papar Gubernur.

Ia mengingatkan kehidupan era modern sangat kompleks dan semakin ketat. Karena itu, para wisudawan dapat meningkatkan kembali kompetensi sehingga mampu bersaing dengan potensi yang ada.

“Pesan saya teruslah membekali diri sehingga memiliki skill yang dapat diandalkan. Cari pengalaman dan gali potensi agar mampu bersaing di dunia kerja,”katanya.

Sinergitas antara pemerintah dengan lembaga pendidikan harus dijalin secara massif. Gubernur meminta kepada seluruh Civitas Akademika UBT dapat memberikan masukan yang aplikatif untuk pengembangan sumber daya manusia yang ada di Kaltara.

“Kita ketahui geliat pembangunan di Kaltara terus dilakukan. Salah satunya membangun Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi. Di mana Kawasan tersebut akan dibangun industry hijau. Sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang unggul,”terangnya.

Gubernur menginginkan sumber daya manusia yang mengisi komposisi di kawasan industry itu nanti adalah pekerja lokal. Karena itu, pembinaan terhadap sumber daya manusia di Kaltara perlu dilakukan sejak dini, melalui dunia pendidikan.

“Ini yang kita harapkan, sehingga ke depannya kawasan tersebut dapat mengakomodir tenaga kerja asal Kaltara,”tuntasnya. (dkisp)