Lantamal XIII Tarakan Beri Vaksin Nelayan saat Beraktivitas Dilaut

0

TARAKAN, kaltaraone.com –  Lantamal XIII Tarakan yang memberikan vaksin kepada masyarakat maritim, beberapa nelayan dan masyarakat pesisir di daerah Tanjung Pasir, Kelurahan Mamburunngan, Tarakan Timur, Selasa (6/7). Sebelum dilakukan vaksinasi, dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) sejumlah personel Lantamal XIII Tarakan mendatangi nelayan yang tengah beraktivitas di tengah laut. Dengan tujuan menawarkan agar mengikuti vaksin langsung ditempat. Mesti begitu, ada juga beberapa nelayan yang tidak mau divaksin.

Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 200 dosis vaksin Sinovac. “Sengaja kita pilih tempatnya di sini (Tanjung Pasir) karena kita sifatnya menjemput bola,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin memudahkan masyarakat pesisir yang jarang terjangkau menjadi penerima vaksin. Sehingga memudahkan masyarakat pesisir tidak perlu repot ke wilayah perkotaan untuk mendapatkan vaksin.

Tak hanya nelayan, karyawan PT Sumber Kalimantan Abadi (SKA) yang berada di daerah Tanjung Pasir juga menjadi sasaran untuk dilakukan vaksin. Pihaknya memastikan semua masyarakat dan pekerja di bidang maritim akan mendapatkan vaksin.

“Kita sudah laksanakan di Malundung dan dapat 368 peserta. Kemudian di Juata sekitar 489 peserta,” sebutnya.

Edi mengakui, ada beberapa nelayan yang tidak ingin divaksin saat petugas mendatangi ditengah laut. Nantinya ia berjanji akan melakukan sosialisasi kembali pada masyarakat yang enggan untuk divaksin.

Ia menegaskan, apapun jenis vaksin yang akan digunakan, masyarakat diharap tidak perlu kuatir. Apalagi vaksin yang digunakan sudah melalui diuji coba oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan dinilai aman oleh Pemerintah Indonesia.

“Banyak masyarakat yang belum memahami vaksin ini. Kami akan berupaya melakukan sosialisasi masalah vaksin ini. Jadi masyarakat sudah nyaman dan tidak perlu takut lagi untuk divaksin,” imbuhnya.(ko1)