Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Dengan Melibatkan Polda Kaltara dan Polres di Kabupaten/Kota

0

MALINAU, kaltaraone.com – Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kepolisian sebagai amanah dari Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri, tidak lepas dari dukungan sarana dan prasarana yang melekat agar pelaksanaan tugas operasional berjalan sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah kesiapan perbekalan umum yang ditunjukkan melalui distribusi BBM di lingkungan Polri yang perlu ditinjau kembali apakah sudah berjalan sesuai peruntukkannya atau tidak.

Untuk itu Puslitbang Polri perlu melakukan penelitian dengan judul “Evaluasi Distribusi BBM di Lingkungan Polri Dalam Mendukung Tugas Operasional Guna Mewujudkan Penguatan pengawasan”

Penelitian ini diketuai oleh AKBP Dr.Endro Sulaksono,S.Kom,Msi, dengan anggota Tim yaitu AKBP Haryono,S.T., IPDA Desriansyah Putra, S.T. dan Bripka Maradon. Kegiatan Penelitian Di Polda Kaltara dilaksanakan Minggu (4/7/2021) hingga Kamis (8/7/2021). Dengan empat sasaran target responden. Yaitu di Polres Tarakan, Bulungan, Malinau, Dan Nunukan. Untuk di Polres Malinau dilakanakan pada Selasa, (6/7/2021).

Melalui pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan 2 cara yakni penyebaran kuesioner secara online melalui HP/ android dan Focus Group Discussion (wawancara mendalam). Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan sistem perencanaan dan pengadaan BBM , (2) untuk mengetahui dan menganalisis sistem distribusi BBM, (3) mengetahui dan menganalisis pelaksanaan sistem pengawasan distribusi BBM saat ini, dan (4) untuk merumuskan tata kelola BBM yang tepat;

Kegiatan Puslitbang Polri kali ini, tidak lepas dari implementasi amanah Kapolri yang Presisi yang menekankan bahwa Puslitbang Polri sebagai pusat riset teknologi keamanan di era polisi modern berbasis revolusi industri 4.0.

Dalam mewujudkannya, dilaksanakan penelitian yang berkolaborasi dengan beberapa konsultan yang memiliki kompetensi dibidangnya. “Harapannya setiap penelitian di Puslitbang Polri, menghasilkan rekomendasi strategis bagi pimpinan Polri dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.” Harap Brigadir Jenderal Polisi Drs. Guntur Setyanto, M.Si dalam sambutan yang dibacakan oleh Ketua tim AKBP Dr.Endro Sulaksono.

Diharapkan dalam penelitian ini mendapatkan masukan atau saran untuk dijadikan rekomendasi kebijakan strategis bagi pimpinan terhadap tata kelola distribusi BBM di lingkungan Polri yang lebih baik lagi dalam mendukung tugas operasional guna mewujudkan penguatan pengawasan.(*)