Jawa Tengah Juara Umum Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020

Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Humas Kemendikbud

Kaltaraone.com – Tim Jawa Tengah menyabet juara umum dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 yang digelar secara virtual.

“Kemenangan kalian adalah prestasi kita semua. Menjaga semangat dan optimisme di masa pandemi ini memang tidak mudah. Tapi para pemenang telah menunjukkan bahwa pandemi tidak menghalangi inovasi, meskipun banyak keterbatasan tapi tetap bisa berekspresi dan berekspresi, ”ucap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Berikut perolehan medali 3 besar dalam FLS2N 2020:

  1. Jawa Tengah: 7 emas, 3 perak. 5 perunggu
  2. Jawa Barat: 6 emas, 3 perak
  3. DI. Yogyakarta: 6 emas, 2 perak

FLS2N merupakan acara rutin tahunan yang menampilkan kompetensi siswa di bidang seni yang menunjukkan dan menunjukkan seni. Peserta berasal dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus, serta Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Tahun ini, untuk pertama kali FLS2N diadakan secara virtual mulai dari seleksi tingkat daerah hingga nasional.

“Pada hari ini juga kita berbangga, menciptakan di bidang seni telah lahir. Adik-adik telah belajar cara menampilkan karya seni yang dapat dinikmati secara virtual. Ini tentu saja mudah, karena kritis dan kreatifitas adik-adik ditantang agar lebih hebat lagi. Karakter seperti yang akan menjadi modal di masa depan, ”imbuh Mendikbud.

Mendikbud meyakini, seni dapat membangun energi positif dan rasa bahagia sehingga membuat masyarakat lebih optimis melewati rintangan. “Nilai-nilai dari kesenian dapat membentuk karakter yang positif karena proses yang mengajari banyak hal. Melalui festival ini adik-adik berkenalan dengan teman-teman dari seluruh Indonesia, berkenalan dengan keberagaman, ”tutur Mendikbud.

FLS2N 2020 jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan Pendidikan Khusus digelar sejak 21 September sampai 3 Oktober 2020. FLS2N 2020 diikuti 19.032 siswa pada seleksi di tingkat daerah dan terpilih 1.381 siswa terbaik yang berlomba di tingkat nasional untuk berbagai bidang seni, seperti seni vokal , musik, tari, film, puisi, teater, seni poster, komik, seni kriya, hingga pantomim. Dari 1.381 peserta, telah terpilih 131 peserta terbaik untuk semua jenjang dan semua bidang untuk berbagai kategori.

Selain berkompetisi, FLS2N tahun ini juga diisi webinar, tutorial, workshop, konser, dan pameran virtual.[Al/K1]