Fokus Bangun Parpol Koalisi, Relawan Sulaiman: Semua Masih Berpeluang

TARAKAN – Peta koalisi partai politik di Pilkada Kaltara 2024 untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur masih dinamis. Saat ini proses penjaringan di sejumlah parpol juga masih berlangsung.

Terkait hal itu, Koordinator relawan Sahabat Sulaiman (BATMAN), Ilham Dani menyebut, lewat proses penjaringan parpol yang masih berlangsung, menyiratkan tentang situasi peluang peta koalisi masih dinamis. Karena itu hingga saat ini, Ilham Dani menilai, peluang masih terbuka bagi sejumlah figur untuk memperoleh mandat.

“Saya melihat semua sudah melakukan pendaftaran di berbagai parpol, termasuk kita relawan sudah mendaftarkan pak Andi Sulaiman. Sampai saat ini sudah ada 5 partai politik. Dalam waktu dekat ini kita akan mendaftarkan ke PKB dan PPP,” ujarnya.

Dengan melihat situasi politik saat ini, lanjut Ilham Dani, semua figur masih merancang dan membangun parpol koalisi untuk kendaraan politik di Pilkada Kaltara.

“Artinya kita melihat bahwa semua masih berpeluang, pendaftaran semua partai ini masih dibuka, dan peluang itu masih ada. Tinggal nanti bagaimana figur meyakinkan kepada para parpol, dalam hal ini DPP. Tentu ada komunikasi yang dibangun, seperti pak Andi Sulaiman pada teman-teman parpol,” imbuhnya.

Dengan peluang yang masih terbuka, mandat parpol akan ditentukan melalui mekanisme internal dari tim penjaringan dan desk pilkada. Tak kalah penting, sambung Ilham Dani, komunikasi antara figur dan parpol juga perlu dibangun dengan baik.

“Peluang kita untuk mendapatkan mandat itu bagaimana kita meyakinkan partai politik terkait dengan program kerja, visi misi, itu sudah kita bangun,” jelasnya.

Selain fokus membangun parpol koalisi, Ilham Dani menyampaikan, penjajakan dan komunikasi intens antara Brigjen TNI Sulaiman dengan beberapa figur juga masih terus dilakukan.

“Untuk saat ini yang terbaru kita tetap membangun, memberikan peluang, membangun komunikasi kepada beberapa figur, peluang komunikasi itu terbuka lebar,” ungkapnya.

Pun demikian, lanjut Ilham Dani, komunikasi intens dengan figur Yansen TP juga masih dijaga. Hal itu untuk memperbesar peluang komposisi Brigjen TNI Sulaiman dengan Yansen TP untuk berpasangan di Pilkada Kaltara.

“Sampai sejauh ini kita masih intens komunikasi, silaturahmi, beliau (Yansen) sebagai pejabat ya, pak Andi Sulaiman menghargai, menghormati. Sampai detik ini kita masih membangun intens semuanya. Jadi semua pihak, kita masih mempertimbangkan figur yang chemistry-nya dapat bersama bapak (Sulaiman) nanti untuk berjuang, bagaimana ke depan menjalankan visi misi yang besar untuk membangun Kaltara,” ujarnya.

Menanggapi target koalisi besar yang hendak dibangun oleh kubu Zainal Arifin Paliwang, Ilham Dani mengatakan, pihaknya saat ini akan tetap fokus dalam mengikuti setiap penjaringan yang dibuka oleh parpol. Kendati di parpol yang diikuti proses penjaringannya, terdapat nama figur selain Brigjen TNI Sulaiman.

“Untuk saat ini kita fokus ya untuk pendaftaran dulu dan pengembalian formulir. Tentu kita sampai saat ini kita tidak memikirkan hal yang menguras energi, kita fokus pada proses tahapan penjaringan dulu,” kata dia.

Kerja politik yang dilakukan relawan BATMAN dalam setiap proses penjaringan, dilakukan dengan penuh optimisme.

“Dari awal kita selalu bergerak dengan keyakinan dan optimisme. Jadi kita akan mendapatkan rekomendasi dari berbagai parpol. Itu kita sudah intens komunikasi, semua tahapan kita ikuti dan kami kawal,” tutup Ilham Dani. (*)