Gubernur Berikan Bantuan Pertanian di Tana Tidung

BANTUAN PERTANIAN : Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum menyerahkan bantuan pertanian di KTT, Senin (27/11)

TIDUNG PALE – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum menyerahkan sejumlah bantuan sektor pertanian dan peternakan, di Kabupaten Tana Tidung, Senin (27/11).

Gubernur menyerahkan langsung bantuan pertanian dan peternakan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani.

Gubernur mengungkapkan bahwa bantuan ini adalah sinergi antara Pemprov melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara dengan Pemerintah Daerah dan Kelompok tani untuk mencapai ketahanan dan kemandirian pangan di Kaltara.

“Bantuan dan dukungan sektor pertanian yang diberikan ini meliputi sarana dan prasarana peningkatan produksi berbagai produk pertanian dan peternakan.Tentunya kita berharap, dengan bantuan-bantuan ini, kita dapat selangkah lebih maju untuk mencapai tujuan ketahanan dan kemandirian pangan,”beber Gubernur di Kantor Desa Sesayap Selor.

Turut Hadir, Wakil Bupati KTT Hendrik, SH., MH., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara Ir.Heri Rudiyono, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara Drs. Teguh Henri Sutanto, M.Pd Kepala Desa Sesayap Selor Syamsudin, Forkopimda KTT, perangkat Desa dan tokoh adat Sesayap Selor.

Adapun bantuan pertanian ini terdiri dari berbagai bantuan meliputi 47 ekor kambing di KTT, 43 ekor Kambing di Bulungan. Kemudian, bantuan padang pengembalaan di KTT sebesar Rp 329.596.000, bantuan pelayanan penandaan dan pendataan di KTT sebesar Rp 7.200.000, dan bantuan pelayanan optimalisasi reproduksi pada ternak di KTT sebesar Rp 68.542.200.

Kemudian, Bimtek pengolahan sarang burung walet di KTT sebesar Rp 75.000.000, bantuan pelayanan kesehatan hewan ternak di KTT sebesar Rp 54.575.000, bantuan pemerintah Dirjen Hortikultura tahun 2023 prasarana bangsal pasca panen Hortikultura sebesar Rp 230.000.000. Lalu, bantuan pemerintah Dirjen Hortikultura tahun 2023 sarana pengolahan Hortikultura sebesar Rp 90.000.000.

Selanjutnya, bantuan pemerintah Dirjen Hortikultura tahun 2023 sarana pasca panen Hortikultura berupa motor roda tiga, Roller Conveyor, meja bak cuci dan meja kerja. Serta penyerahan bibit padi, varietas biosalim di KTT.(dkisp)