Peringati HUT IDI ke-73, RSUD dr. H. Jusuf SK Bersama IDI Tarakan Gelar Aksi Donor Darah

DONOR DARAH : Kegiatan Donor Darah RSUD dr. H. Jusuf SK bekerja sama dengan IDI Kota Tarakan, Selasa (31/10).

TARAKAN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Jusuf SK bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tarakan menggelar aksi donor darah, Selasa (31/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lantai 6, RSUD dr. H. Jusuf SK ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 IDI yang jatuh pada tanggal 24 Oktober lalu.

Ketua Panitia, yakni dr. Sulistyorini, menuturkan bahwa kegiatan yang mengusung tema “Donorkan Darahmu, untuk Selamatkan Banyak Nyawa” tidak hanya menyasar keikutsertaan para dokter dan pegawai internal RSUD dr. H. Jusuf SK, tapi juga masyarakat umum.

Sebanyak 90 kantong darah berhasil terkumpul, menjadi stok darah di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) dr. H. Jusuf SK.

Rini menilai, selain memotivasi masyarakat agar ikut donor darah, kegiatan ini juga mendukung ketersediaan stok darah di RSUD dr. H. Jusuf SK.

“Tidak dapat dipungkiri, hampir setiap rumah sakit sering kehabisan stok darah untuk pasien yang membutuhkan. Sementara itu, jumlah pendonor darah rutin masih terbatas. Kita berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat luas agar secara rutin mendonorkan darahnya,” katanya.

Lebih lanjut, Rini mengatakan bahwa dalam memperingati HUT IDI ke-73, terdapat sejumlah kegiatan yang dilakukan RSUD dr. H. Jusuf SK, di antaranya melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) terkait pencegahan stunting, kesejahteraan sejawat, membagikan media promosi berupa stiker Anti Stunting, dan bakti sosial di wilayah Slumit Pantai bekerja sama dengan UNAIR.

Selain itu, ada juga kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Retail Food and Beverage, yang dikenal dengan merek dagang Roti’O.

“Ya, kemarin sempat juga ada CSR dari perusahaan Roti’O, yang memberikan bantuan makanan, (roti,red) sebagai bentuk apresiasi kepada para dokter di sini. Kami dari pihak rumah sakit mengucapkan terima kasih,” ucap Rini.

Dalam kegiatan tersebut, IDI Cabang Kota Tarakan memberikan kue atau makanan gratis serta bingkisan kepada para pendonor. Setelah melakukan donor, para pendonor boleh memiliki salah satu paket bingkisan sebagai ungkapan terima kasih atas kontribusi mereka dalam mendukung penyediaan stok darah di RSUD dr. H. Jusuf SK. (dkisp)