Benuanta Fest Ramaikan HUT ke 11 Kaltara

TANJUNG SELOR– Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum bersama Wakil Gubernur, DR. Yansen TP., M.Si., hadir bersama pada pembukaan Benuanta Fest 2K23, bertempat di Lapangan Agathis, Senin (30/10).

Benuanta Fest menjadi salah satu rangkaian pesta hari jadi yang paling ditunggu oleh masyarakat Kaltara, selain menghadirkan beragam artis dan band kenamaan nasional, benuantafest juga berisi pameran inovasi perangkat daerah kaltara, sarana promosi kuliner umkm dan produk lokal.

“Tahun ini genap kita berusia 11 tahun. Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada para tokoh-tokoh pembentuk provinsi kalimantan utara, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang saat itu masih berkuliah,” tambah Gubernur Zainal.

Gubernur kembali mengingatkan bahwa terbentuknya Kaltara agar masyarakat lebih cepat merasakan kesejahteraan yang merata. Pada kesempatan tersebut gubernur juga mengungkapkan konsep yang diusung benuantafest 2K23 adalah 7 FM yaitu film, food (makanan), folk (rakyat), fashion, fest on kayan river (pesta disungai kayan), fly on the sky dan musik.

“Berbekal dengan konsep tersebut Benuanta Fes masuk dalam top 12 Calendar of Event Kaltara tahun 2023. Seluruh penyelenggaraan Benuanta Fest adalah untuk mengangkat budaya kita dan kekhasan yang dimiliki kaltara,” tambahnya.

Batik, pernak pernik, budaya khas kaltara dan promosi keindahan sungai kayan serta tradisi khas kaltara dan musik tradisional serta film yang mengangkat perekonomian dan pariwisata kaltara.

Gubernur juga memeberikan kesempatan Wakil Gubernur Yansen untuk menyampaikan kata sambutannya.
“Kita patut bersyukur kita bisa bersama-sama merayakan hari ulang tahun provinsi kaltara yang ke-11. Untuk itu saya wakili gubernur beserta bapak gubernur supaya kita menciptakan solidaritas kita masyarakat masyarakat kaltara yang beraneka ragam ini,” katanya
Yansen mengajak agar masyarakat memperkokoh konsep kaltara rumah kita.

“Rumah yang damai setuju, rumah yang harmonis setuju, rumah yang menciptakan kesetaraan untuk kita setuju, memohon ridho Allah kita berdoa semoga kaltara jaya sepanjang masa,” ucap Yansen.

Didampingi Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kaltara, Hj. Rahmawati Zainal,SH., dan Ping Ding Yansen dengan gong yang kompak ditabuh bersama-sama, pertanda secara resmi membuka pesta rakyat benuanta terbesar yang rutin digelar tiap tahun sejak era Gubernur Zainal dan Wakil Gubernur Yansen tersebut dibuka hari pertama benuantafest dibuka dengan penampilan band papan atas d’Masive yang berhasil menghentak dan memukau masyarakat yang hadir, dan akan dilanjutkan dengan penampilan artis dan band papan atas lainnya selama sepekan kedepan.(dkisp)