Refleksi 11 Tahun Kaltara, Apresiasi Seluruh Lapisan Masyarakat

TANJUNG SELOR – Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Utara ke 11 menjadi momentum refleksi perjalanan provinsi ke 34 ini. Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengungkapkan hal ini patut disyukuri.

Di mana provinsi yang dibentuk berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2012 ini memiliki perjalanan yang cukup panjang.

“Kita ingin banyak bersyukur dan merenungi kembali perjalanan selama 11 tahun ini. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama- sama mewujudkan Provinsi Kalimantan Utara Yang Berubah, Maju, Dan Sejahtera,” kata Gubernur pada agenda Ramah Tamah di Pendopo Rumah Jabatan, Selasa (24/10) malam.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, dan seluruh elemen masyarakat yang berperan penting dalam memberikan kontribusi positif dalam memajukan Provinsi Kalimantan Utara.

Gubernur juga meyakini bahwa produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar. Selain itu, dengan mengonsumsi produk lokal, masyarakat juga dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah.

“Kita harus bangga dengan produk lokal Kaltara. Kita harus dukung produk lokal kita, agar perekonomian kita semakin maju,” katanya.

Gubernur menambahkan bahwa Pemprov Kaltara akan terus meningkatkan pembangunan di wilayah Kaltara. Salah satu upayanya adalah dengan mendorong peningkatan produksi dan konsumsi produk lokal.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi dan promosi produk lokal Kaltara,” jelasnya.

Karena itu, Gubernur mengajak masyarakat Kaltara untuk memperlihatkan kepada Indonesia bahwa jika benuanta (sebutan lain Kaltara) adalah provinsi yang sejahtera.

“Mari kita bersama-sama membangun Kaltara yang sejahtera. Kita harus bangga dengan Kaltara,” ungkapnya.

Ia menceritakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengatakan bahwa Kalimantan Utara adalah masa depan Indonesia.

Hal ini lantaran Kaltara memiliki potensi yang besar, terutama di bidang energi, pertanian, dan pariwisata.

Di mana Presiden Jokowi mengatakan bahwa Kaltara akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah provinsi akan terus melakukan pembangunan di Kaltara.

“Kaltara memiliki potensi yang sangat besar. Kita akan terus mendukung pembangunan di Kaltara,” pungkasnya.(dkisp)