Pimpin Upacara HUT Kaltara, Gubernur Zainal Kenakan Baju Adat Kebesaran Bulungan

TANJUNG SELOR – Gubernur Dr. H. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tahun 2023 yang digelar di lapangan Agatis, Tanjung Selor, Kamis (25/10/2023).

Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh, termasuk Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Dr. Yansen, TP., MSi, Ketua TP PKK Kaltara Hj. Rachmawati Zainal, S.H., Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr. H. Suriansyah, M.AP, Kapolda Kaltara, Anggota DPR-DPD RI Kaltara, unsur Forkopimda Kaltara, Bupati/Walikota se-Kaltara dan sejumlah undangan lainnya.

Acara diawali dengan pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, dan sejarah singkat Provinsi Kaltara, diikuti oleh tarian massal berbagai etnis yang ditampilkan oleh siswa-siswi sekolah.

Terlihat Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang mengenakan baju adat khas suku Bulungan, sementara tema peringatan HUT Kaltara adalah “Maju Bersama Kaltara Sejahtera” yang mengisyaratkan semangat untuk terus maju dalam menghadapi berbagai tantangan.

Diketahui, sebelas tahun yang lalu, pada tanggal 25 Oktober 2012, Provinsi Kaltara secara resmi terbentuk dan disahkan melalui rapat paripurna DPR RI dengan penetapan UU No.20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kaltara.

“Alhamdulillah, dengan rahmat Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), kita masih diberikan kesehatan serta kekuatan, sehingga kita dapat berkumpul pada pagi hari ini,” ungkap Gubernur pada sambutannya.

Sebagai informasi, perayaan HUT provinsi yang terletak paling utara di Pulau Kalimantan ini mewajibkan semua tamu undangan dan peserta upacara mengenakan pakaian adat daerah sebagai simbol keberagaman.

“Dirgahayu Provinsi Kaltara ke-11, mari bersama-sama mensukseskan pembangunan Kaltara, dengan harapan Kaltara akan terus maju di segala aspek, mencapai cita-cita luhur, dan membuat Kaltara menjadi lebih baik, maju, serta sejahtera,” pungkas Gubernur Kaltara. (dkisp)