Duet AMIN dan Respon Pemilih

KALTARAONE.COM – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis temuan survei terbaru paska deklarasi Anies Baswedan yang berpasangan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Dikutip dari akun Twitter SMRC (@saifulmujani) data survei temuan SMRC dengan simulasi tiga pasangan, Anies – Muhaimin mendapatkan dukungan 16,5 persen, Prabowo – Erick 31,7 persen, dan Ganjar – Ridwan Kamil memperoleh 35,4 persen. Masih ada 16,4 persen yang belum jawab.

Sebelum berduet dengan Cak Imin, ketika Anies masih didukung oleh Nasdem, PKS, dan Demokrat suara Anies sekitar 20 an persen, atau sama dengan perolehan suara tiga partai pendukungnya.

Jika suara Anies – Muhaimin sekarang sekitar 16 persen, ini mencerminkan kekuatan dua partai. Prof Saiful Mujani menilai, data ini menunjukkan Anies tidak punya dukungan independen. Pendukungnya adalah pemilih partai pengusung dan Anies tidak membawa efek ekor jas.

SMRC menyebutkan, Survei ini juga menemukan data menarik. Pertama dalam breakdown dukungan pemilih, pemilih Demokrat yang bertahan memilih Anies tinggal 22 persen. Kedua, artinya pergeseran dukungan pemilih Demokrat dari Anies berlangsung cepat.

Ketiga, pemilih PKB yang memilih Anies baru 20 persen. Artinya pemilih PKB belum otomatis bergerak mengikuti manuver elitnya.

Dilihat dari sisi optimis, ini bisa karena mesin politik yang belum panas. Data dan analisa selengkapnya sudah tayang di Bedah Politik terbaru. (Joe)