Dimeriahkan Wisata Kuliner, Ribuan Warga Juata Permai Ikuti Jalan Santai dan Senam Sehat

TARAKAN – Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia setiap warga di belahan nusantara antusias mengisinya dengan berbagai kegiatan sebagai wujud syukur atas kemerdekaan yang dicapai para Pahlawan.

Tak terkecuali bagi warga Kelurahan Juata Permai, Kecamatan Tarakan Utara dengan menggelar Jalan Santai dan Senam Sehat, pada Minggu (3/9/2023) dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan RT 2 pertigaan Jalan Aki Pingka-Jalan Sei Bengawan Indah ini diinisiasi oleh Kantor Kelurahan Juata Permai yang didukung penuh oleh PT Phoenix Resources International (PRI) dan PT Tarakan Chip Mill (TCM), serta melibatkan 21 Ketua RT yang ada di kelurahan setempat. Termasuk Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Banser NU Kecamatan Tarakan Utara.

Walaupun kondisi cuaca kurang bersahabat, namun tingginya antusias warga Juata Permai tak terbendung untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wita dan dibuka oleh Walikota Tarakan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Tarakan, Alias, S.K.M, M.Kes, yang dimulai dengan Jalan Santai.

Rutenya dimulai dari Lapangan RT 2 menuju lampu merah pertigaan Jalan Aki Pingka, kemudian melintasi Jalan Pangeran Aji Iskandar, Gang SMP Katolik, Perumahan Pesona, Jalan Sei Bengawan dan kembali ke titik start di Lapangan RT 2.

Acara pun dilanjutkan dengan Senam Sehat yang diikuti seluruh peserta maupun panitia dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Diperkirakan kurang lebih ada dua ribu warga Juata Permai turut andil memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Kemeriahan dan tingginya semangat peserta tampak tinggi selama mengikuti Senam Sehat. Bagaimana tidak, hentakan musik yang mengiringi gerakan Senam Sehat begitu energik.

Terlebih lagi acara ini, PRI dan TCM menyediakan dooprize dengan hadiah-hadiah menarik yang setia ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta hingga di penghujung acara. Adapun hadiah yang disediakan di antaranya perkakas rumah tangga mulai dari kulkas, rice cooker, dispenser dan banyak lainnya.

Untuk diketahui, di lokasi acara Senam Sehat panitia juga telah menggelar Wisata Kuliner yang dimanfaatkan oleh pelaku UMKM setempat untuk menjajakan berbagai macam makanan dan minuman yang sangat antusias disambut peserta, khususnya warga Kelurahan Juata Permai.

Seperti dikatakan sebelumnya, Lurah Juata Permai, Rika Bulan Karolin menuturkan, perayaan HUT Kemerdekaan RI melalui acara Jalan Santai dan Senam Sehat ini untuk memberikan kebahagiaan, mempererat kerukunan dan silaturahmi di antara warga.

“Saya selaku Lurah Juata Permai mengucapkan terima kasih kepada sponsor tunggal acara ini, yaitu PT PRI dan PT TCM. Begitu juga dengan peran serta para ketua RT di Juata Permai, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ikut serta membantu menyukseskan acara ini. Dan tentu saja saya sangat senang dan bangga karena antusias warga Juata Permai sangat tinggi mengikuti acara ini,” katanya.

Forum Ketua RT Juata Permai Sampaikan Apresiasi

Mewakili warga dan Forum Ketua RT Kelurahan Juata Permai, Ketua RT 15, Suman menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi dan menghaturkan rasa bangganya atas terlaksanannya kegiatan yang disambut sangat antusias oleh warga di wilayah tersebut.

“Ini adalah acara perdana, pertama kali di Kelurahan Juata Permai. Dan ini kami anggap sangat luar biasa, karena antusias warga Kelurahan Juata Permai sangat luar biasa. Selama saya jadi Ketua RT 15 Juata Permai, baru tahun ini saya merasakan perayaan HUT RI di Kelurahan Juata Permai,” ungkapnya.

Olehnya itu, Forum RT Juata Permai mengharapkan acara serupa ke depannya lebih meriah lagi dari tahun ini.

“Mudah-mudahan TCM dan PRI tetap maju dan sukses selalu. Dan Forum RT Juata Permai tentunya mengsupport dan mendukung untuk kemajuan TCM dan PRI yang ada di Juata Permai,” ujar Suman.

“Sekali lagi, Forum RT Juata Permai bersama warga kami sampaikan ucapan terima kasih, dan juga kami mohon maaf jika dalam pelaksanaan tersebut terdapat kekeliruan di lapangan. Mudah-mudahan kerja sama antara PRI, TCN dengan Kelurahan Juata Permai, Forum RT se-Kelurahan Juata Permai tetap terjalin dengan baik,” pungkasnya. (*)