Nahkodai IKAT Provinsi Kaltara, Ruman Tumbo : Hanya Ingin Mengabdi

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Musyawarah Besar Ikatan Keluarga Toraja (MUBES IKAT) Kalimantan Utara telah memilih pengurus baru 5 tahun kedepan. Pemilihan berlangsung di Swiss-BelHotel, Kota Tarakan, Sabtu (30/7) sore.

Pertama kalinya Mubes di laksanakan pasca pandemi Covid-19, di ikuti masing-masing 3 orang sebagai delegasi pengurus IKAT se Kaltara. Pengurus IKAT Nunukan, IKAT Malinau, IKAT KTT dan IKAT Tarakan sebagai tuan rumah.

Mubes yang di buka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum., dan hadir juga sebagai undangan Markus Sakke anggota DPRD Provinsi Kaltara, Effendhi Djuprianto Wakil Walikota Tarakan , pengurus KKSS Provinsi Kaltara dan KKSS Kota Tarakan.

Agenda Mubes IKAT adalah memilih pengurus baru yang akan memimpin IKAT Provinsi Kaltara periode 2022-2027. Mubes berlangsung lancar dan sukses walaupun sempat terjadi perdebatan teknis pemilihan.

Ruman Tumbo, perwakilan IKAT Kabupaten Nunukan akhirnya terpilih sebagai Ketua IKAT Provinsi Kaltara periode 2022-2027 melalui pemilihan suara, dengan memperoleh suara terbanyak mengungguli rekannya Ferdi M. Tanduklangi.

Saat di wawancarai awak media, Ruman Tumbo mengatakan, pelaksanaan Mubes kali ini lebih banyak secara kekeluargaan. Tidak terlalu berpatokan pada aturan organisasi. IKAT adalah organisasi kemasyarakatan, Mubes pertama sedikit mengeyampingkan aturan, karena belum terbentuknya pengurus IKAT Kabupaten Bulungan, namun berdasarkan rasa persaudaraan tetap mengakomodir 3 orang perwakilan.

“Setelah terpilih memimpin IKAT Provinsi Kaltara lima tahun kedepan saya ingin mempersatukan orang Toraja di Kaltara, membantu yang membutuhkan, bukan hanya orang Toraja, yang lainnya kita bantu,” ujarnya kepada kaltaraone.com.

Dirinya berterima kasih atas kepercayaan yang di berikan untuk memimpin IKAT Provinsi Kaltara, dan mengajak seluruh masyarakat Toraja membesarkan organisasi.

“Saya dan pengurus yang akan di bentuk hanya ingin mengabdi membantu orang Toraja melalui organisasi ini. Mari bersatu, karena semboyan orang Toraja Misa’ Kada Dipotuo, Pantan Kada Dipomate, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” tutup Ruman Tumbo menegaskan.  (NJ).