Masih Terkendala Listrik dan Jalan Rusak Embung Indulung Belum Beroperasi

0
Iwan Setiawan Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan. Foto Istimewa

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Perumda Air Minum Tirta Alam (PDAM) kota Tarakan telah menyelesaikan pembuatan dan pemasangan Embung Indulung untuk dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang saling terhubung yakni IPA Kampung Satu dan Pantai Amal. Meskipun pengerjaannya telah lama selesai kedua IPA tersebut belum bisa beroprasi untuk disupply air baku.

Saat dikonfirmasi, Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan, Iwan Setiawan menuturkan, belum beroprasinya embung Indulung lantaran belum teraliri listrik.

“Jadi gini indulung itukan sudah selesai semua alat-alatnya juga sudah selesai, IPA di Amal 30 liter perdetik juga sudah, dan IPA 60 liter perdetik di Kampung Satu juga sudah. Indulung itu untuk supply air baku di dua IPA, cuma dua ini belum beroperasi karena embung Indulung listriknya belum ada,” terangnya (17/06/2022).

Iwan menambahkan, belum adanya listrik diembung tersebut lantaran ketika menuju embung Indulung masih ada 800 meter jalan yang rusak milik Provinsi. Sehingga PLN terkendala dalam pemasangan Instalasi listrik di embung Indulung yang sebagian kecil sudah dikerjakan.

“Kalau PLN nya masuk semuannya pasti langsung kita operasikan. Misalnya Kalau 30 liter per detik sudah bisa beroperasi, supply air itu bisa menggaliri Amal lama, Amal baru, Mamburungan, Tanjung Pasir, dan Tanjung batu yang masih 0% pelayanan,” tuturnya.

“Kalau IPA 30 liter perdetik itu beroprasi, daerah itukan masih 0% pelayanan, kita hitunglah ada 3 ribu KK yang kita layani, kalau 3 ribu kali 4 orang saja sudah sekitar 12 ribu orang yang bisa menikmati air bersih nanti disana,” sambungnya.

Kendati begitu, terkait dengan jalan rusak milik provinsi, pihaknya telah berkoordinasi pada pihak Pemprov untuk tindaklanjut dalam persoalan jalan.

“Koordinasi dengan provinsi kita sudah bicara dengan gubernur, nanti akan ditinjau. Kami kalau sudah ada listrik itu langsung beroprasi, yang paling itu embungnya harus ada listrik, percuma IPA nya dipasang listrik kalau embung nya tidak, air bakunya tidak bisa diolah untuk disupply dari embung,” demikian Direktur PDAM Tirta Alam Tarakan.

Diketahui, Dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan cadangan air bersih di Kota Tarakan, Embung Indulung dengan luas genangan sebesar 2,62 hektare dapat memiliki daya tampungan efektif mencapai 123 ribu meter kubik. (Klprss/*)