Lewat Sosialisasi GAP, Harap Hasilkan Komoditas Cabe dan Buah Kualitas Baik

0

KALTARAONE.COM, NUNUKAN – Dalam menghadapi tantangan dan tuntutan konsumen dan pasar terhadap tersedianya berbagai macam produk pertanian, serta dapat bersaing secara global. Maka, praktik pertanian perlu disempurnakan agar lebih produktif dan efisien. Praktik pertanian tersebut adalah praktik budidaya pertanian yang baik atau “Good Agricultural Practices (GAP).

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara, Heri Rudiyono, melalui Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda, Suhaeli usai menggelar Sosialisasi GAP dalam Penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) tanaman cabe dan buah, Kamis (9/6) belum lama ini.

Ia mengatakan, GAP metode budidaya tanaman yang baik memenuhi persyaratan mutu, keamanan, kesehatan dan keamanan pekerja dan meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, menurut Heri, GAP juga meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman.

“Selain untuk meningkatkan kesejahteraan petani, lewat kegiatan ini dapat mendorong para petani memiliki sikap mental, bertanggungjawab terhadap produk yang mereka hasilkan,” katanya.

Ia juga berharap lewat materi yang diberikan, para petani dapat mengaplikasikan GAP penyusunan SOP dengan benar, sehingga dapat menghasilkan komoditas tanaman khususnya tanaman cabe dan buah berkualitas baik di Kaltara.

Untuk diketahui, peserta sosialisasi berjumlah sekitar 50 orang, terdiri dari petani laki-laki dan perempuan yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan. (dkisp)