Kreatifitas Pemuda jadi Tolak Ukur IPP Kaltara

0

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum secara resmi menutup Pekan Pemuda I Provinsi Kalimantan Utara di Gedung Convention Hall Kota Tarakan, Ahad (5/6/2022). Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan pentingnya menjaga sportifitas selama berkompetisi.

Seperti diketahui Pekan Pemuda I yang digelar oleh Perkumpulan Pemuda Indonesia (PPI) Kalimantan Utara ini melibatkan sejumlah Cabang Kreatifitas Daerah (Cakerda).

Cabang Kreatifitas tersebut diantaranya Cakerda Debat dan Pidato, Cakerda Color Guard, Cakerda Perkusi, Cakerda DJ, Cakerda Robotic dan Cakerda Nasyid, eksebisi Tari daerah dan Karoke. Dari ke enam cakerda tersebut akan memperebutkan 13 Medali Emas, 2 Tropy Khusus dan 1 Tropy Bergilir (sebagai Juara Umum).

Gubernur mengungkapkan, digelarnya Pekan Pemuda I Provinsi Kaltara juga dapat menjadi tolak ukur dari Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang ada di provinsi termuda ini maupun di kabupaten dan kota seluruh Kalimantan Utara. Artinya, dengan peningkatan kreatifitas yang ada akan berimbas pada partisipasi dan kepemimpinan yang ada di kepemudaan.

“Seperti yang kita ketahui bersama saat ini IPP kita menurun akibat Covid 19, oleh karena itu kami dari Perkumpulan Pemuda Indonesia akan terus bersama-sama dengan Kementerian Pemuda dan Olah raga untuk meningkatkan IPP yang ditargetkan pada tahun 2024 mencapai 57,67 oleh kerena itu Pekan Pemuda Provinsi akan di gelar di seluruh Provinsi di Indonesia,” jelas Gubernur.

Gubernur juga mengapresiasi kepada para pemenang. Di mana dengan hasil yang dicapai dapat menjadi tolok ukur pengembangan pemuda di Kaltara di masa yang akan datang.

“Jangan pernah berpuas diri dengan hasil ini, teruslah memacu prestasi agar bisa bersaing di Pekan Pemuda Nasional pada tahun 2023 nanti. Kepada peserta yang belum berhasil, tetaplah berlatih dan berusaha dengan sepenuh hati untuk mengukir prestasi di masa yang akan datang,” terang Gubernur.

Pada kesempatan tersebut pula, Gubernur meminta para pemuda di Kaltara dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Ia berharap Pekan Pemuda I dapat meningkatkan rasa cinta para pemuda kepada kreatifitas.

“Serta dapat menyatukan para pemuda untuk berkontribusi dalam mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera,” tuntasnya. (dkisp)