Gaungkan Pentingnya Merawat Lingkungan

0

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengajak untuk selalu menggaungkan pentingnya merawat lingkungan. Mengingat kondisi lingkungan belakangan ini semakin mengkhawatirkan.

“Untuk itu kita perlu bekerja sama dan berjuang untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca tahunan pada tahun 2030,” terangnya, Ahad (5/6/2022).

Agenda penanaman pohon yang dilaksanakan merupakan satu bentuk kepedulian untuk menjaga agar lingkungan dapat lestari. Gubernur menilai upaya tersebut cukup sederhana, namun memiliki manfaat yang cukup besar.

“Seperti yang kita ketahui, pohon mempunyai fungsi yang sangat penting dalam meredam kenaikan gas rumah kaca. Di mana gas rumah kaca adalah penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim,” jelasnya.

Menurutnya, pohon dapat menyerap karbondioksida yang dihasilkan dari kegiatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kegiatan penanaman pohon juga dirangkaikan dengan penandatangan kerjasama dan serah terima alat pengolahan sampah plastik menjadi paving blok dengan konsep ramah lingkungan.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, plastik merupakan komponen sampah terbesar di indonesia setelah sampah sisa makanan.

“Dan tentu bila tidak dapat dikelola dengan baik, akan dapat berdampak buruk bagi lingkungan,” tuntasnya. (dkisp)