Wagub Yansen Ajak Masyarakat Bersyukur

0

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Dihadapan pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Bulungan, Ketua dan anggota DPRD Bulungan, dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Wakil Gubernur Yansen TP, M.Si mengajak seluruh elemen tersebut untuk mendukung Kecamatan Peso menjadi daerah yang maju.

Ini disampaikannya dalam sambutan syukuran selesai panen Desa Long Peso dan Desa Muara Pangean, Kecamatan Peso, bebera waktu lalu.

Ia menyebutkan beberapa potensi di Kecamatan Peso seperti sarang burung walet, hasil hutan, pertanian, dan saat ini adalah tambang emas. Melihat potensi ekonomi kerakyatan ini, Wagub berharap masyarakat agar lebih bersemangat untuk meningkatkan hasil pertaniannya dari tahun ke tahun.

“Jangan kita berjalan apa adanya. Kita harus punya harapan semangat melihat Peso kedepan nanti,” ujar Wagub.

Dari segi budaya, Wagub juga mengakui

Kecamatan Peso memiliki potensi yang mengagumkan. Akan tetapi belum dikelola dengan baik.

Baginya budaya adalah hal yang penting menjadi kekuatan ekonomi kreatif dan identitas diri.

“Dalam kesempatan ke depan, saya diskusikan bersama bapak gubernur supaya kita semangat membangkitkan budaya di Bulungan ini. Salah satu yang memperlihatkan wajah Bulungan adalah budayanya. Kekuatan Bulungan adalah budayanya. Dan salah satu budayanya adalah budaya masyarakat Dayak,” jelasnya.

Selain itu, ia mengajak masyarakat Desa Long Peso dan Muara Pangean untuk membangun kekuatan melalui persatuan dan kesatuan lebih baik dan lebih maju. Apalagi jika sepuluh desa yang termasuk dalam Kecamatan Peso juga bersatu.

Karena itu ia berharap masyarakat Desa Long Peso dan Muara Pahangai bersemangat, bersatu, dan yakin. “Marilah dalam semangat kita membangun Peso ini seperti warna hari ini kita bersyukur atas semuanya tetapi marilah kita melihat Peso ke depan. Artinya ada target, ada catatan yang perlu kita capai,” jelasnya

Ia berpesan agar dari Kecamatan Peso lahir generasi-generasi muda yang berkualitas dan memiliki daya saing untuk membangun Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kalimantan Utara.

“Didik anak-anak kita. Beri pembinaan. Harapannya akan lahir tokoh-tokoh pemerintah kita yang banyak dari Kecamatan Peso dan daerah yang lain. Jangan remehkan kesempatan bersama anak. Beri ruang, waktu, dan semangat agar mereka bisa berkembang maju,” tuntasnya.

Turut mendampingi Wagub Yansen istri Ping Ding, Anggota DPRD Kaltara Marli Kamis, Ketua Wilayah GKII Daerah Kayan Hilir Pdt. Musa Ageng M.Th, dan para tokoh adat dayak. (dksip)