Islam dan Kebangsaan Harus Satu Tarikan Nafas

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Plt. Asisten bidang Administrasi Umum, Haerumuddin menghadiri pelantikan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Wathan dan Pimpinan Wilayah Badan Otonom Nahdlatul Wathan Provinsi Kaltara bertempat di Pondok Pesantren Nurul Mujahidah, Ahad (27/3/2022). Pada kesempatan tersebut Haerumuddin mewakil Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum.

“Semoga organisasi ini dapat memberikan dampak dalam pembangunan Provinsi Kalimantan Utara dan bersama-sama berdakwah menegakan Islam seperti yang diperjuangkan oleh Nabi Muhammad SAW,” ujar Haerumuddin membacakan sambutan Gubernur.

Sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan Islam yang terbesar dari wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Nahdlatul Wathan yang berarti Kebangkitan Bangsa/Tanah Air telah berdiri selama delapan dekade mengisi sejarah Nusantara.

“Nahdlatul Wathan berkembang pesat dalam misi pengembangan dakwah sosial dan pendidikan di wilayah NTB hingga ke daerah-daerah lain di Nusantara hingga sampai di Tanjung Selor tercinta,” tambahnya.

Haerumuddin berpesan agar seluruh pengurus dapat menjaga kesolidan antar pengurus serta terus menerus melaksanakan konsolidasi hingga ke tingkat akar rumput agar visi misi NW dapat terserap oleh seluruh komponen masyarakat yang ada di Kalimantan Utara.

“Bapak Gubernur berharap dengan kehadiran Nahdlatul Wathan dapat bersinergi dengan pemerintah serta masyarakat saling bergandengan tangan karena sesuatu tidak bisa dilakukan jika kita hanya berjalan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Terakhir ia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki adiwarna agama yang sangat penting untuk dijaga bersama-sama.

“Perlu saya sampaikan bahwa Indonesia ini bukan hanya Nahdlatul Wathan, bukan hanya Islam kita adalah suatu bangsa yang di dalamnya terdapat berbagai agama, kita harus jaga itu semua karena ke-Islam-an dan kebangsaan harus dalam satu tarikan nafas. Tidak perlu goyah untuk sesuatu yang tidak penting. Seorang pemimpin dilihat dari ketauladanannya,” jelas Haerumuddin.

Pada acara tersebut turut hadir Ketua Umum Muslimat NW, Hj. Lale Syifaun Nufus, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan Asisten I Kabupaten Bulungan, Jamaluddin Saleh serta Direktur Binmas Polda Kaltara.(chai/dkisp)