4 Cara Tetap Aktif Bagi Penderita Diabetes

0
Ilustrasi – Foto : Halodoc

KALTARAONE.COM – Kadar gula darah dapat dijaga dengan menjaga pola makan yang seimbang dan aktivitas fisik. Aktivitas fisik juga dapat membantu agar dapat tidur nyenyak dan menjaga tingkat stress lebih terkendali.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia menjadi negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar kelima di dunia. Berdasarkan laporan International Diabetes Federation (IDF), ada 19,5 juta warga Indonesia berusia 20-79 tahun yang mengidap penyakit tersebut pada 2021.

Berikut 4 Cara Tetap Aktif Bagi Penderita Diabetes, melansir Healthline :

1. Bergerak Saat Istirahat Kerja

Terkadang pekerjaan membuat kita menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer. Gunakan teknik podomoro dengan menyetel alarm handphone 25 menit, saat alarm berbunyi maka berdiri dari tempat duduk Anda lalu lakukan olahraga ringan seperti jalan keliling, renggangkan otot kaki dan badan kurang lebih 1 – 5 menit.

2. Jalan Sebentar Setelah Makan

Setelah makan kadar gula dalam tubuh meningkat untuk itu perlu melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan sebentar agar kadar gula dalam tubuh dapat dibakar menjadi energi. Dokter pun merekomendasikan minimal 30 menit setiap hari untuk aktifitas fisik agar tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Merawat Tanaman

Aktivitas di rumah seperti merawat tanaman seperti menyiram tanaman, mencabut rumput, menggali tanah adalah aktivitas fisik yang dapat dilakukan. Lakukan Aktivitas ini di pagi hari sambil berjemur sinar matahari pagi yang memberikan Vitamin D yang sangat baik bagi tulang dan gigi. Aktivitas merawat tanaman sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi tubuh.

4. Senam Online

Kemajuan teknologi informasi saat ini memudahkan kita dalam mencari informasi, termasuk video senam yang dapat di cari di Youtube. Temukan video senam yang cocok dengan Anda, misal senam kardio. Ikuti gerak yang ada di Video mulai dari tahap gerakan pemanasan hingga gerakan pendinginan.

Jika masih memiliki masalah dalam manajemen kadar gula darah, sebaiknya Anda rutin memeriksa kadar gula Anda. Hal ini membantu mempelajari bagaimana efektifitas aktivitas fisik yang telah anda lakukan dalam menjaga kadar gula darah. (ddi)