Warga Juata Permai Pertahankan Tradisi Kerja Bakti

0
Kerja Bakti Warga Juata Permai RT.4 (Foto : Kaltaraone.com)

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Istilah kerja bakti tidak asing dalam tradisi masyarakat Indonesia. Bahkan, rutinitas kerja bakti hampir setiap minggu atau bulan dilaksanakan oleh masyarakat yang tinggal di perdesaan maupun komplek perumahan dan perkotaan.

Agenda dan tujuan kerja bakti yang dilakukan tiap warga pun berbeda-beda. Contohnya, kerja bakti untuk membersihkan lingkungan, kerja bakti dalam rangka perbaikan jalan, hingga kerja bakti dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dll

Meskipun memiliki agenda dan tujuan yang berbeda, kerja bakti dilakukan agar pekerjaan terasa ringan dan cepat selesai. Selain itu, kerja bakti juga mampu menciptakan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan.

Kerja Bakti Warga Juata Permai RT. 4

Agenda rutin 3 bulan sekali atau sesuai dengan keperluan dilaksanakan oleh warga Juata permai RT 04 Tarakan Utara, Minggu (19/12/2021). Sayoga Kunta ketua RT.04 Juata Permai ditemui disela sela kerja bakti menyampaikan, “kerja bakti kali ini kita prioritaskan pembersihan lingkungan dan perbaikan saluran air agar tidak tergenang. Karena beberapa minggu ini curah hujan cukup tinggi. Kita antisipasi berkembang nya nyamuk demam berdarah.Mencegah akan lebih baik dari mengobati”, ungkapnya.

Selain pembersihan saluran pembuangan, kerja bakti kali ini juga dilakukan penebangan pohon-pohon kering dan rumput agar terlihat bersih . Untuk pohon yang tinggi kita sudah koordinasi dengan instansi terkait, khawatir bila angin kencang akan roboh, mengingat juga semakin dekat perayaan Natal bagi warga nasrani dan tahun baru Masehi. Kita ingin pemukim bersih.

kegiatan kerja bakti yang di ikuti oleh warga setempat dimulaiĀ  09.00 hingga 12.00 siang diakhiri dengan santap bersama, makanan yg disiapkanpun sederhana.

“Sebenarnya kita agendakan pukul 8.00 tetapi karena hujan dari sejak subuh baru reda, baru bisa kumpul jam 9.00 pagi, warga tetap semangat membantu. Ini partisipasi bersama semua warga kami, walaupun hidangan makanan sederhana terpenting adalah tetap terjalin keakraban antar warga,” pungkasnya. (joe)