Korban Ditemukan, Operasi SAR Ditutup

TARAKAN, kaltaraone.com – Korban tenggelam Muhammad Afi (4) sudah ditemukan tim SAR gabungan, Sabtu (13/2/2021) sekitar pukul 15.30 Wita. Setelah dievakuasi di Puskesmas Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, korban langsung diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan.

“Alhamdulillah korban sudah ditemukan di bagian muara dalam kondisi naik delta atau meninggal dunia,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan, Amiruddin.

Awalnya tim SAR gabungan mendapat informasi ada yang mencurigakan. Akhirnya tim SAR langsung bergerak menuju lokasi. Dengan jarak 12 mil atau 20 km dari lokasi kejadian di perairan Desa Ujang, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan.

Karena arus air yang begitu deras menyebabkan korban hanyut sejauh 12 mil. Posisi korban saat itu menghadap keatas. Meski menyerahkan terkait hasil visum kepada pihak kepolisian, pihkanya menegaskan operasi SAR sudah selesai.

“Selama pencarian kita siap 1 unit armada RIB, peralatan medis dan komunikasi. Kecepatan angin saat pencarian 5 sampai 10 knot dan tinggi gelombang hanya 0,5 meter,” tegasnya.

Lebih lanjut, kata Amiruddin, tim SAR gabungan melibatkan warga serta keluarga korban sebanyak 35 orang. Dengan menggunakan perahu dan sampan. Ada juga tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Babinsa serta Polsek Sekatak. “Banyak armada yang digunakan. Karena tim dibagi dua. Mengarah ke hulu dan muara,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (11/2) lalu korban diduga terpeleset di dermaga Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan, saat sedang menonton saudaranya berenang. Setelah itu keluarga korban langsung melaporkan kepada pihak berwajib atas kehilangan korban.(ko1)