Dispora Matangkan Persiapan Gelaran POPDA ke-1

TANJUNG SELOR – Menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke 1 Kaltara tahun 2024 yang bakal berlangsung di Tarakan pada tanggal 24-29 Juli 2024. Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara Yosua Batara Payangan mengatakan, telah melakukan rapat internal bersama jajarannya.

“Kita sudah rapat memulai dari acara pembukaan sampai pelaksanaan Popda termasuk tadi membahas susunan tamu undangan dan persiapan tim juri setiap cabor,” katanya belum lama ini.

Yosua mengimbau kepada para jajarannya untuk selalu siaga membantu panitia setiap masing-masing cabang olahraga selama perhelatan berlangsung. “Kami imbau jajaran saya dan panitia setiap cabor bisa teliti memastikan semua peserta Popda harus hadir,” ungkapnya.

Sebab menurutnya jika ada salah satu peserta cabor tidak hadir akan berpengaruh pada pertandingan tersebut.

“Harapan kami jangan sampai tidak atau ada halangan hingga dijauhkan dari cedera,” tegasnya.

Apa lagi event Popda, lanjutnya, merupakan wadah para peserta diseleksi para masing-masing pengurus Cabor untuk persiapan bisa berkontribusi mengikuti PON Sumut-Aceh bulan September.

“Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini para atlet-atlet terbaik Kaltara,” bebernya.

Di sisi lain, dirinya pun sudah memberikan arahan sosialisasi kepada para atlet, official, pelatih dan wasit beberapa pekan lalu supaya bisa mematuhi peraturan selama pertandingan Popda.

“Saya juga sudah minta kepada jajaran Dispora Kaltara yang nanti akan mengawasi jalannya pertandingan agar tegas dan bertanggung jawab disiplin,” tuturnya.

Terutama dirinya menegaskan Popda pertama kali ditandingkan tidak ingin ada pengaturan skor yang dapat merugikan atlet dan tim dari kabupaten kota.

“Saya tadi juga sudah beri peringatan tegas untuk jajaran di dispora agar menghindari serta tidak membuat peraturan merugikan atlet dan tim. Tetap pakai aturan main resmi yang sudah disepakati bersama,” pintanya.

Kendati demikian pihaknya menyebutkan lokasi venue untuk kegiatan popda sudah siap digunakan.

“Nanti kita pakai stadion datu adil untuk cabor sepak bola, lalu bola volly di gor tipe B, cabor Basket gor tipe A, cabor sepak takraw dan tenis lapangan kita tandingkan di gor telaga keramat,” sebutnya.

Kemudian pencak silat dirinya menegaskan bakal bermain di Padepokan IPSI Tarakan.

“Bulu tangkis rencana kita mainkan di GOR bulu tangkis SMA Negeri 2 Tarakan, lalu untuk olahraga tinju kita masih komunikasikan dengan teman-teman Pertina di sekitaran Stadion Datu Adil,” pungkasnya.(dkisp)