GOTONG-ROYONG, Ciri Keindonesian Masih Terawat Baik, Perbaikan Jalan Oleh Warga Juata Permai

TARAKAN – Warga Juata Permai melakukan kegiatan kerja bakti perbaikan jalan sepanjang 100 meter, perbaikan jalan yang merupakan salah satu akses masuk menuju lokasi Perumahan Intraca dan sekitarnya. Berlokasi di Jalan Borneo, Kelurahan Juata Permai pada Kamis pagi, 9 Mei 2024.

Partisipasi warga dalam kerja bakti perbaikan jalan tersebut begitu besar. Sebelumnya jalan ini sulit untuk dilalui, dikarenakan kondisi jalan yang rusak dan terdapat banyaknya lubang-lubang besar, ditambah lagi kondisi jalan belum permanen, masih tambal sulam menggunakan material tanah dan pasir.

Kamal, ketua Rukun Tetangga (RT) 03 Juata Permai menyebut, kerja bakti ini gabungan dari beberapa RT yang ada di lokasi perumahan Intraca. Dia mengatakan jalan inipun seringkali digunakan oleh mobil antar jemput karyawan pabrik kertas PT Chip Miill.

“Ada beberapa RT dikelurahan Juata Permai yang terlibat membantu kerja bakti ini yaitu RT 03, RT 04, RT 05, RT 06, RT 07 dan hadir juga ketua RT 02, kebetulan ada bantuan batu coral dari warga kami, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,” ujar Kamal.

Perbaikan jalan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga untuk melakukan aktivitasnya terutama bagi pengendara motor, serta diharapkan dapat memudahkan akses warga perumahan Intraca dan sekitarnya.

Menurut pengakuan Marjoko, ketua RT 07 Juata Permai, status jalan Borneo dan jalan di perumahan intraca sudah di hibahkan kepada Pemerintah kota Tarakan. Dan secara lisan sudah pernah di sampaikan permohonan perbaikan.

“Lahan jalan ini sudah kami hibahkan kepada pemerintah kota, kurang lebih 1 tahun yang lalu. Dan juga beberapa ruas jalan di lingkungan perumahan Intraca juga sudah di ambil alih oleh Pemkot Tarakan, jadi kita berharap dapat dianggarkan ke depannya untuk di lakukan perbaikan dan pengaspalan, secara resmi kami akan bersurat kepada pemerintah, hanya memang perlu waktu,” terang Marjoko ketua RT 07 Juata Permai kepada awak media.

Sementara itu ketua RT 04, Sayoga kunta mengapresiasi dukungan warga yang hadir membantu. Diapun atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada warga yang secara pribadi menyumbangkan batu coral untuk penimbunan jalan yang rusak.

“Terlihat warga bahu-membahu terlibat dalam perbaikan jalan ini, kami ucapkan terima kasih. Bukti salah satu ciri khas keindonesian kita masih terawat baik, gotong royong. Juga ucapan terimakasih kepada donatur bapak Sutayib telah membantu 40 kubik batu coral,” beber Sayoga Kunta.

Hadir dilokasi kerja bakti Lurah Juata Permai dan Babinsa dari Koramil Tarakan Utara juga turut berjibaku membantu. (RD)