Seminar Wagub dalam Perayaan HUT ke 91 Misi GKII-DK

KRAYAN – Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. Yansen TP, M.Si., menghadiri peringatan HUT ke 91 Misi Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Daerah Krayan yang berlangsung lewat ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR), launching buku, dan seminar Misi HUT GKII Daerah Krayan di GKII Desa Long Umung, Kecamatan Krayan Timur, Kabupaten Nunukan, Kamis (19/10/2023).

Dalam seminarnya, Wagub Yansen menceritakan bagaimana perubahan yang luar biasa saat Injil yang dibawa oleh Rev. William Ernest Presswood asal Amerika Serikat (misionaris pertama) ke bumi Krayan berdampak pada peradaban tata kehidupan masyarakat.

“Sebelumnya Orang krayan hidup dalam animisme, setelah hadirnya Presswood semua berubah ke arah kebaikan sesuai dengan tema seminar saya Injil Membelah Kegelapan Dunia Krayan,” ujarnya di GKII Jemaat Long Umung.

Perayaan yang jatuh pada tanggal 19 Oktober merupakan peringatan secara khusus Long Nuat menjadi tanah keberkatan pertama Injil di beritakan diantara suku Dayak Lundayeh Krayan yang dibawa oleh Presswood pada tahun 1932.

Oleh sebab itu, Wagub Yansen bersyukur karena dapat merasakan langsung dampak perubahan saat Injil hadir dan hidup di bumi Krayan yang mempengaruhi bagaimana menjalankan hidup sesuai firman Tuhan.

“Diantara kita semua yang ada ditempat ini (gereja,red) tanpa adanya kehadiran dari missionaris dalam hal ini William Ernest Presswood, saya yakin kita semua masih dalam kegelapan,” jelasnya.

Karena Injil telah menghadirkan gerakan revolusioner dengan radikal dalam tatanan kehidupan manusia Krayan, yang sebelumnya penuh dengan mistik, supranatural dan tradisional. Hadirnya Injil pun mampu menghidupkan semangat pendidikan dan pemberdayaan.

“Saya mengingatkan kepada para pemuda GKII di Krayan untuk terus menanamkan semangat menjaga dan merawat kebersamaan untuk membangun peradapan yg religius di Krayan, sebab Injil telah membangkitkan kesadaran pentingnya pendidikan termasuk saya sendiri,” bebernya.

Perayaan momentum HUT Misi pertama kali ini akan dihadiri pihak keluarga Ruth Presswood Hutchins istri kedua Presswood dari Pennsylvania, AS dan dan keluarga lainnya dari Kanada dan Amerika Serikat, Eric Maxey Ketua C &MA (Christian and Missionary Alliance) Bandung, Jeremy Toews Manager MAF Tarakan, Pendeta Desefentison W. Ngir, pionir-pionir pelayanan Injil daerah Krayan, dan tokoh-tokoh masyarakat adat Dayak Lundayeh.

Rangkaian acara HUT Misi ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 18 Oktober hingga 19 Oktober 2023, yang setiap harinya dipadati kehadiran jemaat GKII Daerah Krayan. (dkisp)