Pengerjaan Normalisasi Sungai Dilakukan Bersamaan

KERJASAMA : Pemprov Kaltara bekerjasama dengan Korem 092/Maharajalila dalam pengerjaan normalisasi Sungai Selor dan Buaya.

TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kalimantan Utara (Kaltara) mengucurkan Rp 6,3 miliar untuk pengadaan alat berat guna membersihan eceng gondok dan pengerukan Sungai Selor dan Sungai Buaya.

Kepala Bidang SDA PUPR-Perkim Kaltara, Denny Yusdianto membenarkan hal tersebut dan menyebut alat berat untuk normalisasi Sungai Selor dan Sungai Buaya telah tiba di Tanjung Selor.

“Pelaksanaan normalisasi Sungai Selor dan Sungai Buaya akan dilakukan bersamaan dengan Korem 092/Maharajalila. Jadi, kita posisinya saat ini menunggu mobilisasi dari Korem. Sebab mereka juga memiliki alat berat. Nanti, kita lakukan bersamaan,” katanya belum lama ini.

Lebih lanjut, pihaknya juga masih menunggu proses Amdal. Mengingat, terdapat aturan teknis yang harus dijalankan sebelum benar-benar melakukan pengerjaan dua sungai tersebut.

“Saat ini, proses perizinan lingkungan dari DLH Kabupaten sudah masuk sidang kedua amdal. Lalu, Program Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) juga telah di PTSP Bulungan,” ungkapnya.

Disebutkannya, pihaknya juga mengikuti aturan proses perizinan lingkungan. Ketika semua telah siap semua sudah bisa dilaksanakan.

“Dalam waktu dekat, yakni pertengahan Agustus pengerjaan akan dilakukan,” terangnya.

Kemudian, Denny juga menyebutkan tahapan proses pengadaan alat berat yang cukup besar yang akan membersihkan ruas sungai yang ditutupi eceng gondok tersebut.

“Kita tidak tender anggaran, sebab e- Katalog itu sudah diatur oleh distributor dan LKPP dengan harga Rp 6,3 M. Semuanya langsung dari Pemerintah mulai dari harga, ini tidak kita beli di luar tapi E- Katalog,” sebutnya.

Lebih lanjut, mulai pengerjaan normalisasi sungai tersebut akan terbagi menjadi dua. PUPR –Perkim mulai dari Meranti hingga Intake Sungai Buaya, sedangkan Korem dari Kampung Arab hingga Meranti. Lalu, berkaitan dengan bangunan yang ada di wilayah sungai, pihaknya telah melakukan sosialisasi.

“Kita sudah melakukan sosialisasi, masyarakat sangat mendukung. Alhamdulilah, kami sampai dengan detik ini selalu didukung, baik tanah yang kami jadi workshop sementara itu hanya cuma-cuma,” jelasnya.

Sebagai informasi, akan ada dua posko. Dirinya memastikan, akhir tahun tuntas pembersihan eceng gondok. Namun, lebih berfokus kepada volume sungai.

“Kalau totalitas semua akan di bersihkan, saya rasa belum bisa tahun ini, karena mulai nya di Agustus. Beda kalau awal tahun tadi. Mungkin keliatan, tapi kita usahakan membuka, membersihkan volume supaya aliran air masuk,” tuntasnya.

Sebelumnya, Pemprov Kaltara telah melakukan penandatanganan MoU kerjasama tentang Pelaksanaan Normalisasi Sungai Selor/Buaya Kabupaten Bulungan oleh Gubernur Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum dan Komandan Resor Militer (Danrem) 092/Maharajalila Brigjen TNI Ari Estefanus,S.Sos.,M.Sc, pada bulan Juli lalu.

Gubernur menyambut baik upaya ini. Pasalnya, akan meningkatkan prasarana pengendalian banjir pada kawasan perkotaan, meminimalkan dampak banjir, hingga peluang pengembangan UMKM di kawasan tersebut.

“Jadi nanti akan dilakukan Operasi Bakti oleh Korem 092/Mrl berserta jajarannya dan nanti dibantu oleh Dinas PUPR Provinsi dan Kabupaten. Untuk sebagai konsultan untuk bagaimana pelaksanaannya dan mudah-mudahan bisa selesai sesuai target kita tahun ini,” katanya.

Melihat situasi perkembangan Sungai Selor saat ini yang hampir mengalami pendangkalan di beberapa titik dan berpotensi menjadi daratan dikuatirkan akan adanya bangunan baru di lokasi tersebut.

“Kalau kita tidak segera lakukan, dampak negatifnya juga akan semakin banyak. Artinya hal-hal yang ada di sungai ini menimbulkan banyak dampak kedepan manakala kita segera melakukan normalisasi,” tutupnya. (dkisp)