Elly Rosita Silaban Jabat Kembali Presiden KSBSI untuk Kedua Kalinya

Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI.

JAKARTA – Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) menggelar Kongres ke-9 di Golden Boutique Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat, 8-11 Juli 2023. Kongres dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto.

Tantangan Indonesia saat ini dihadapkan pada bonus demografi, pada tahun 2030 diperkirakan jumlah penduduk usia kerja akan mencapai 201 juta orang atau setara 68,1% dari jumlah penduduk.

Berbagai tantangan tersebut menunjukan bahwa penyediaan lapangan kerja menjadi hal penting yang harus disiapkan agar partisipasi angkatan kerja dapat terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk usia produktif.

Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal KSBSI.

Menyikapi hal itu KSBSI melaksanakan Kongres ke-9 yang di ikuti oleh 10 Federasi afiliasinya dan dihadiri oleh ratusan delegasi dari seluruh Indonesia, Federasi Hukatan menghadirkan sebanyak 20 orang delegasi, tak terkecuali Kalimantan Utara (Kaltara) berjumlah 3 orang.

Delegasi utusan DPC F-Hukatan KSBSI Kota Tarakan, Sekretaris DPC Raden Yusuf dan Ketua Pengurus Komisariat Agustinus Rannu serta M. Zainuddin ketua DPC Federasi Hukatan Kabupaten Nunukan turut hadir memberikan suaranya dalam event 4 tahunan itu.

Para peserta kongres KSBSI sangat antusias memilih pemimpin mereka untuk 4 tahun kedepan. Pada proses penjaringan muncul beberapa kandidat calon presiden KSBSI.

Dalam seleksi pemilihan calon presiden ditetapkan dua nama calon, petahana Elly Rosita Silaban dan Riswan Lubis. Melalui dinamika pemilihan yang sangat ketat Elly Rosita Silaban kembali terpilih menjadi presiden KSBSI Periode 2023-2027. Sekertaris Jenderal kembali diamanatkan kepada Dedi Hardianto.

Raden Yusuf Joe delegasi utusan DPC Federasi Hukatan KSBSI Kota Tarakan mengucapkan selamat dan sukses kepada Presiden dan Sekjend KSBSI terpilih, semoga mampu menghantarkan KSBSI lebih maju dan lebih profesional. (Joe)