Atasi Kerusakan Jalan di Sei Bengawan, Warga Bangun Kesadaran Bersama

TARAKAN – Puluhan warga masyarakat dari beberapa gabungan Rukun Tetangga (RT) di Juata Permai Tarakan Utara dan Karang Harapan Tarakan Barat turut ambil bagian dalam aksi kerja bakti perbaikan jalan rusak, di seputaran Sei Bengawan, Jalan Aki Pingka pada Minggu pagi, 11 Juni 2023.

Kerja bakti ini akibat kondisi jalan berlubang di simpangan Sei Bengawan cukup parah, ditambah air tergenang bila turun hujan. Dan jalan ini merupakan akses utama menuju beberapa perusahaan besar yang berlokasi di Tarakan Utara.

Jaelani, Ketua RT 02 Juata Permai mengatakan, warga sudah lama mengeluhkan keadaan jalan karena sangat mengganggu. Sehingga perbaikan yang dilakukan saat ini untuk jangka pendek, agar warga dapat tetap beraktifitas serta menghindari terjadinya kecelakaan.

“Rencana ini telah diagendakan lama, hari Jumat kemaren kami melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan, perwakilan warga, Polsek dan Koramil 0907 Tarakan Utara. Dan untuk perbaikan permanen sudah dilakukan peninjauan lapangan oleh dinas PUPR, sudah 2 kali pengukuran. Sehingga aksi hari ini sifatnya sementara agar warga bisa melintas dengan lebih nyaman,” katanya.

Lanjut Jaelani, dirinya berterima kasih karena banyak elemen masyarakat yang peduli dan turut membantu, warga sekitar Juata Permai dan Karang Harapan, PT.Intracawood, PT. Chip Mill, Babinkamtibmas, Koramil serta Ormas yang ada di kota Tarakan.

“Tanpa kesadaran dan kepedulian warga kerja bakti ini tidak akan terlaksana. Terima kasih juga kepada para donatur yang menyumbang baik berupa dana maupun material pasir, kerikil dan semen.”

“Saya menghimbau kepada warga agar bisa bersabar, tidak berpikir dan berstatment negatif kepada ketua RT ataupun pemerintah, karena birokrasi perlu proses, semua tidak instan. Kita harus bersama, apalagi ini jalan umum, untuk kita semua,” pesan Jaelani.

Hadir dilokasi kerja bakti Kapolsek Tarakan Utara, Iptu Triyono, SH, sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan perbaikan jalan oleh warga. Triyono menjelaskan pada pertemuan Jumat lalu, Polsek Tarakan Utara memfasilitasi untuk saling bersilahturahmi dengan beberapa perusahaan sebagai ruang mencari solusi bersama guna mengatasi persoalan warga.

“Dari pertemuan itu di sepakati PT Chip Mill akan membantu menyelesaikan masalah kerusakan jalan berupa batu koral yang siap didatangkan dari Kota Palu, Sulawesi Tengah dan dijadwalkan akan disuplai pada 23 Juni mendatang. Kita sangat mendukung kegiatan ini, apalagi memasuki pekan bakti sosial dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77. Ini bentuk apresiasi kita kepada masyarakat,” Tegas Iptu Triyono, SH. (R1)