ASN Harus Kerja Sistematis

TANJUNG SELOR – Apel Senin Pagi (15/5/2023) yang dilaksanakan di Lapangan Agatish Tanjung Selor dan diikuti pegawai Pemprov Kaltara dipimpin langsung Wakil Gubernur Kaltara, Dr. Yansen TP, M.Si.

Dalam arahannya, Yansen menyampaikan agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Kaltara bekerja profesional sesuai sistem kerja pemerintahan.

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, ASN didesain untuk melaksanakan fungsi, tugas, dan peran demi kepentingan negara dan kepentingan masyarakat bukan atas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan.

ASN juga harus memiliki integritas. Integritas ASN sangat erat hubungannya dengan akhlak kerja pegawai. Akhlak pegawai maksudnya setiap tingkah laku, tindakan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan.

Artinya apa? Dalam setiap komunikasi dan koordinasi ke pimpinan, Aparatur tidak boleh melompat ke atas. Ada sistemnya, ada tingkatan-tingkatannya.

“Mari kita tata dengan baik sistem ini, baik antar OPD (organisasi perangkat daerah) dan juga kepada pimpinan. Pimpinan di Provinsi Kaltara ini yang pertama dan utama adalah Pak Gubernur. Yang kedua, saya sebagai Wakil Gubernur. Yang ketiga, ada motor penggerak ASN Sekretaris Provinsi Kaltara, ada Asisten dan Kepala OPD/Biro,” tegas Wagub Yansen.

Selain itu, Yansen juga mengingatkan tentang larangan ASN terlibat politik praktis dan harus netral dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Dijelaskan, larangan terhadap keterlibatan ASN tersebut agar birokrasi tidak dimasuki kepentingan praktis, sehingga ASN dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pelayan publik atau masyarakat.

Lalu terkait APBD 2023. Agar pengguna anggaran (PA) bekerja profesional dan berpegang teguh pada prinsip peraturan.

Dan diakhir sambutannya, Yansen tak lupa mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 kepada ASN dan non-ASN yang merayakannya.

“Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin, mari kita sama-sama memaafkan, dengan lembaran baru yang bersih, menjalin komunikasi, silaturahmi yang baik membangun Kaltara,” pungkasnya. (dkisp)