Gubernur Hadiri Rakor Pemeriksaan atas LKKL dan LKPD TA 2022

KALTARAONE.COM, JAKARTA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022 di Gedung Tower Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Jakarta, Rabu (29/3/2023).

Dipimpin oleh langsung oleh Pius Lustrilanang yakni Anggota VI BPK RI, rapat digelar dalam rangka peningkatan kualitas pelaporan keuangan pemerintah di lingkungan Auditorat Utama Keuangan Negera (AKN) VI.

“Para pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan Kepala Daerah di lingkungan AKN VI, agar terus berkomitmen mengelola keuangan daerah secara akuntabel dan transparan,” ujar Pius Lustrilanang.

Lanjutnya, koordinasi ini juga untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Pengelola Keuangan (PK), menerapkan teknonologi informasi dalam mengelola dan menyusun LKKL/LKPD, serta mengelola mandatory spending secara akuntabel dan transparan. “Ini untuk menyampaikan capaian kinerja dalam CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan) 2022,” katanya.

Gubernur Zainal Arifin Paliwang berharap, dengan adanya pertemuan ini laporan keuangan di masa-masa yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan hasilnya juga memenuhi standar yang diinginkan oleh BPK.

Sebagai informasi, rapat ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadine Anwar Makarim serta diikuti oleh Gubernur se Indonesia. Sementara mendampingi Gubernur Kaltara, yakni Kepala Inspektur Daerah Kaltara, Yuniar Aspiati, SE.,M.AP, dan Kepala Biro Pemerintahan Otonomi Daerah Kaltara, Taufik Hidayat, S.TP., M.Si. (dkisp)