Ketua IKAT Nusantara : Warga Toraja Di Kaltara Sangat Mencintai Pemimpinnya

Ketua IKAT Nusantara Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Frederik Kalalembang

KALTARAONE.COM, TARAKAN – Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kalimantan Utara (Kaltara) yang dirangkaikan dengan perayaan Natal bersama berlangsung di Hotel Tarakan Plaza, Kamis malam (2/23).

Ketua IKAT Nusantara Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Frederik Kalalembang hadir melantik jajaran pengurus IKAT Kaltara periode 2022-2027 yang dinahkodai oleh Ruman Tumbo. Prosesi pelantikan disaksikan langsung Gubenur Kaltara Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., dan Walikota Tarakan dr. H. Khairul, M. Kes.

Dalam sambutannya, ketua IKAT Nusantara berpesan agar pengurus yang baru saja dilantik segera bekerja membantu masyarakat Toraja dalam semua bidang, pendidikan, usaha, hukum dan keamanan.

“Anak-anak kita harus mendapatkan pendidikan yang lebih baik, karena ini dasar untuk kemajuan Sang Torayan yang ada dirantau. Saling membantu dan bekerjasama dalam usaha, agar memajukan perekonomian di Kalimantan Utara, selalu menjaga keamanan dalam bermasyarakat,” pesannya.

Selanjutnya kepada Gubernur dan Walikota, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Frederik Kalalembang menegaskan bahwa masyarakat Toraja yang ada di Kaltara sangat mencintai pemimpinnya, hal ini karena sudah banyak perubahan yang dilakukan Gubernur Kaltara dan Walikota Tarakan.

Ketua IKAT Nusantara menceritakan, sudah sejak lama kenal baik dengan bapak Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum., sejak sama-sama berkarir di Kepolisian. Telah banyak jabatan yang beliau tuntaskan serta saling bertukar jabatan di Mabes Polri.

“Hanya saja belum bisa menyaingi bapak Zainal Paliwang sebagai Gubernur, menjadi Gubernur itu tugas berat,” tuturnya.

Dihadapan ratusan masyarakat Toraja yang hadir di acara pelantikan, dirinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubenur dan Walikota beserta jajaran dan juga berpesan agar masyarakat Toraja solid dan bersatu mendukung Pemprov Kaltara dan Pemkot Tarakan.

“Kita tegaskan dan garis bawahi, jangan seperti membeli kucing dalam karung. Jika memang sudah ada yang baik kenapa tidak diteruskan, karena Gubernur dan Walikota Tarakan sangat luar biasa. Saya sering mendengar beliau berdua sangat membantu dan sangat memperhatikan
masyarakat Toraja yang ada di Kaltara,” tegas Ketua IKAT Nusantara Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Frederik Kalalembang

Gubernur Kaltara dalam sambutannya kembali mengingatkan kepada masyarakat Toraja khususnya umat nasrani yang merayakan natal untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Kaltara. Sebagaimana pesan natal tahun 2022, bahwa keanekaragaman yang ada dalam kehidupan adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri, dirawat dan dijaga bersama.

Menurut orang nomor satu di Kaltara ini, kebhinekaan di Kaltara merupakan anugerah Tuhan yang harusnya mendorong masyarakat Kaltara untuk saling bergandengan tangan dalam pembangunan serta mewujudkan tata kehidupan yang lebih bermartabat.

“Mari kita kembangkan budaya hidup damai di Kalimantan Utara,” tuturnya.

Tidak lupa Gubernur juga mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus IKAT Kaltara periode 2022-2027 yang baru saja dilantik. Gubernur berpesan agar IKAT Kaltara dapat bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah dari tingkat provinsi hingga ke kabupaten/kota.

“Dengan meperkokoh tali persaudaraan kita mewujudkan Provinsi Kalimantan Utara yang Berubah, Maju, dan Sejahtera, dengan semangat semboyan Toraja Misa Kada Dipotuo Pantan Kada di Pomate (Satu Kata Kita Hidup, tapi jika masing – masing berbeda kita akan mati),” pungkasnya.

Ketua IKAT Kaltara periode 2022 – 2027, Ruman Tumbo, S.H.

Ketua IKAT Provinsi Kaltara periode 2022 – 2027, Ruman Tumbo, S.H., menjelaskan bahwa sebaran jumlah warga masyarakat Toraja yang ada di Kaltara mencapai 55 ribu jiwa yang tersebar diseluruh Kabupaten/Kota, Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung dan Tarakan.

Dirinya mmengapresiasi dan berterima kasih pada warga Toraja yang sudah memberikan kepercayaan untuk memimpin IKAT Kaltara. Ruman Tumbo mengharapkan kkerjasama dukungannya untuk sama-sama membangun Kaltara dan mendukung program Pemprov Kaltara.(R1)

Ketua Panitia Harianto Baan, S.Si.,Apt