26.6 C
Tarakan
Senin, Mei 27, 2024
spot_img
Beranda Kaltara Bulungan Menutup Bulan Januari, Gubernur Lantik 56 Pejabat Fungsional

Menutup Bulan Januari, Gubernur Lantik 56 Pejabat Fungsional

KALTARAONE.COM, TANJUNG SELOR – Sebanyak 56 orang Pejabat Fungsional dilantik oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum bertempat di Ruang Serbaguna, Kantor Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara, Kamis (26/01/2023).

Mengawali sambutannya, Gubernur Zainal mengucapkan selamat kepada para pejabat fungsional yang telah dilantik. Ia menyatakan momentum pelantikan ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk berkarya dan memacu semangat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Ia melanjutkan, sebagaimana diketahui jabatan fungsional merupakan kelompok jabatan yang memiliki fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu.

Tentunya dengan pengertian ini, ia berharap para pejabat fungsional dapat bekerja secara profesional mendukung dan menyukseskan pembangunan di Kaltara sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki.

“Saudara perlu untuk dapat segera menyesuaikan diri dengan membangun kerja sama dan koordinasi. Termasuk harus memiliki pemikiran visioner, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas,” pintanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengarahkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) bersama instansi terkait lainnya untuk dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi serta peningkatan kapasitas jabatan fungsional.

“Ini agar para pejabat fungsional yang ada di Kaltara dapat memiliki daya saing, berkinerja tinggi, dan mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai bidang tugasnya,” pesannya.

Di akhir sambutannya, ia mengajak untuk selalu mendengungkan slogan ‘Kaltara Di Hati’. Di mana slogan ini merupakan singkatan dari Damai, Indah, Harmonis, Aman, Tangguh, Inovasi.

“Jadi di manapun kita di tempatkan, kita harus bisa memberi rasa aman bekerja di tempat saudara ditugaskan. Kemudian selalu berinovasi, tangguh menghadapi geografis yang ada di Kaltara,” katanya.

Faktor geografis Kaltara yang berbeda dengan daerah lain seperti Pulau Jawa, tentunya berpengaruh terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di pelosok atau daerah yang sulit dijangkau.

Menjadi tangguh adalah kemampuan yang perlu dimiliki mengatasi rintangan yang ada.

“Jadi dengan faktor geografis ini, kita harusnya memiliki kemampuan yang lebih dari saudara-saudara kita yang bertugas di daerah yang geografisnya tidak terlalu berat. Karena ada beberapa lokasi yang harus di tempuh, seperti arung jeram, berjalan kaki, kendaraan roda dua dan lainnya. Inilah kita sebagai ASN harus bersiap melayani masyarakat di Kaltara dengan baik, ramah, dan dengan sopan,” tutupnya.

Untuk diketahui 56 pejabat yang dilantik pada hari ini terdiri atas:

  1. Pejabat Fungsional Ahli Madya Hasil Penyesuaian Jabatan Fungsional,1 orang.
  2. Pejabat Fungsional Ahli Muda Hasil Penyesuaian Jabatan Fungsional, 5 orang.
  3. Pejabat Fungsional Pertama Analis Pasar Hasil Perikanan, 1 orang.
    4 Pejabat Fungsional Pertama Pengelola Pengadaan Barang/Jasa, 2 orang.
  4. Pejabat Fungsional Pertama Pengawas Benih Tanaman, 1 orang.
  5. Pejabat Fungsional Pertama Pengendali Ekosistem Hutan, 1 orang. (dkisp)